Gubernur Mahyeldi Melepas 45 orang mahasiswa asal Sumbar ke lima negara

0

PADANG, EKSPRESNEWS.COM – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi melepas 45 orang mahasiswa Sumatera Barat berkuliah Luar Negeri di Istana Gubernur, Selasa (20/9/2022).  Sebanyak 45 orang mahasiswa asal ranah Minang itu tersebar di lima negara yakni Turki, Tiongkok, Yaman, India dan Mesir menuju Generasi emas indonesia untuk dunia.

Saat itu, Gubernur Mahyeldi berpesan kepada siswa/siswi tersebut agar menjaga nama baik Ranah Minang, Sumatera Barat dengan cara menunjukkan akhlak yang baik, sebagai orang Indonesia, orang Minang.

“Jaga karakter kita, budi pekerti, karena orang timur itu lebih halus dibandingkan dengan orang yang ada di negara lain. Untuk itu berikanlah yang terbaik kepada siapa saja, sesuai dengan batas-batas syariahnya,” ujar Mahyeldi.

Selanjutnya ia mengingatkan sebagai orang Islam, orang Indonesia, orang Minang maka jaga karakter sesuai syariat dan ciri-ciri sebagai orang Minang. Sebetulnya SDM orang Indonesa, Sumbar khususnya tidak jauh kalah dengan negara Amerika, Cina dan Eropa serta negara manapun. “Maka berikanlah kebaikan-kebaikan kepada siapa saja, semoga allah akan memberikan kebaikan yang lebih dari itu,” sebutnya.

Sementara itu, Direktur Halo Beasiswa Tareq Al Bana menyebutkan bahwa mahasiswa Sumatera Barat yang lolos berkuliah di luar negeri yakinnya non beasiswa dan beasiswa sebanyak 45 orang. Ia berharap semoga kawan-kawan dan adik-adik yang lulus kuliah ke luar negeri ini, bisa menjadi duta mengharumkan nama Sumatera Barat, sehingga terciptanya peluang-peluang baru agar Sumbar makin dikenal oleh dunia.

“Agar orang-orang di berbagai negara bisa mengenal nama Sumbar. Karena kita tahu masih banyak orang yang belum kenal Sumatera Barat, orang luar negeri itu, tahunya Indonesia itu Bandung, Bali dan Jakarta pada hal Sumbar juga merupakan bagian dari Indonesia,” ujar Tareq.

Jadi inilah tugas adik-adik kita untuk mengabarkan dan memperkenalkan nama Sumbar, mungkin ini bisa kita kolaborasikan dengan pemerintah. “Untuk mengajak adik-adik menjadi duta pariwisata Sumbar dan duta kuliner tujuannya adalah agar mereka di luar negeri bisa memperkenalkan dan menceritakan tentang keindahan dan keunikan yang ada di ranah Minang,” tuturnya.

Terakhir Tareq Al Bana mengucapakan terima kasih kepada Bapak Gubernur sudah memberikan dukungan mahasiswa kita. “Bahkan juga memberi bantuan berupa tiket keberangkatan bagi orang tuanya kurang mampu, sehingga semuanya bisa teratasi secara baik,” ucap Tareq. (Budi/Abdi)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.