Gempa Kembali Guncang Kepulauan Mentawai

0

Mentawai, EkspresNews.com – Gempa kembali mengguncang Kepulauan Mentawai dengan kekuatan magnitudo 5.8 pada hari ini, Rabu (5/5/2021). Gempa terjadi pada pukul 08.24 Wib.

Kelaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Mentawai Novriadi, saat dikonfirmasi menyebutkan pihaknya masih menunggu rilis valid dari BMKG.

Sementara pihaknya melalui Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) telah turun kelapangan memantau dampak gempa yang terjadi di wilayah tersebut pagi tadi. “Kita masih menunggu rilis dari BMKG. Dan saat ini tim dari Pusdalops sudah kelapangan memantau kondisi” ujarnya.

Novriadi memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik. “Saya imbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak perlu terlalu panik. Kami akan memberikan informasi terkait perkembangan gempa yang terjadi” imbaunya.

Sementara merujuk data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG), gempa terjadi tepatnya berjarak 3 kilometer sebelah tenggara Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara dengan kedalaman 29 kilometer. Titik gempa berada di 2.04 LS, 99.62 BT.

Setelah BMKG kembali melakukan pemutakhiran, kekuatan gempa menjadi 5.7 SR dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.06 LS dan 99.59 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 kilometer arah timur Tuapeijat Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 41 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

Gempa tersebut merupakan yang ke sekian kalinya terjadi di dekat Tuapeijat Kepulauan Mentawai. Sebelumnya gempa juga terjadi dengan kekuatan yang sama. Gempa terjadi pada Senin lalu (3/5/2021) dengan magnitudo 5,7. (N)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.