Gelar “Romansa Birru”, SMAN 1 “Gemparkan” Sekolah se-Indonesia

0

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Pandemi tidak menghalangi niat SMAN 1 Padang Panjang menggelar “Romansa Birru, Smansa Papa”. Event ini mendapatkan apresiasi dari berbagai sekolah yang ada di Indonesia dan support dari luar negeri.

Kegiatan yang dilaksanakan 13-19 Oktober lalu, bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Diikuti 795 orang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan dilaksanakan secara daring dan gratis bagi seluruh peserta.

“Sungguh peserta yang luar biasa dan di luar dugaan. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan tahun-tahun selanjutnya. Semoga kepercayaan ini masih ditumpangkan kepada kita, SMAN 1 Padang Panjang,” ujar Kepala Sekolah, Sefriadi, S.Pd, M.Si saat diwawancara, Senin (25/10).

Pelaksanaan “Romansa Birru, Smansa Papa” ini mengadakan lima bidang lomba. Di antaranya, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Pidato Keagamaan, Solo Song Lagu Islami, Poster Digital, dan Cerpen Islami.

Saat penutupan kegiatan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Wilayah I, Mardison S.Pd, M.Si memberikan apresiasi luar biasa atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ini merupakan salah satu bentuk inovasi, kreativitas dan semangat yang luar biasa dari panitia pelaksana.

“Tidak sama dengan lomba-lomba yang diadakan satuan pendidikan lain, SMAN 1 ini mampu melaksanakan kegiatan tanpa biaya. Seluruh peserta digratiskan. Sungguh sangat luar biasa. Jarang satuan pendidikan yang menerapkan hal seperti ini,” tuturnya.

Penutupan juga dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari lomba yang dilaksanakan. Untuk MTQ, Juara 1 diraih Shintia Aqilah Ramadhani (SMAN 2 Pariaman), Juara 2 Faturrahman Zahri (MAN 2 Tanah Datar), Juara 3 Naina Khayatin Nufus (MA Muhammadiyah Prubolinggo Lampung Timur).

Untuk Pidato Keagamaan, Juara 1 Mira Nurmaulidya (MAN 2 Kota Sukabumi), Juara 2 Azmy Muzammilatur Rohim (MA Al Ibrohimi), Juara 3 Astri Rahmawati (SMKN 1 Garut).

Solo Song Lagu Islami, Juara 1 diperoleh Najwa Maliha Zharfa (SMA Don Bosco Padang), Juara 2 Nurul Kholishoh (SMA NU Kejajar), Juara 3 Arnetya Zahwa (SMK Telkom 2 Medan).
Sedangkan Poster Digital, Juara 1 diperoleh Doni Pratama (SMKN 1 Kudus), Juara 2 Fitri Aulia Izzatul Islam (SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo), Juara 3 Deswita Syaharani Jasmine (SMAN 1 Manyar).

Terakhir lomba Cerpen Islami, Juara 1 diperoleh Rafika Amani (SMAN 1 Sumatera Barat), Juara 2 Salma Nur Aini (SMAN 1 Sitiung), Juara 3 Nasywa Aulia Syah Raudhatul Jannah (SMAN 1 Bukittinggi). (Dian)