Gelar Lomba Qasidah Eksekutif, Dharmawanita Kemenag Sumbar Hadirkan Iqbal Lida

PADANG, EKSPRESNEWS.COM – Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76 sudah diambang pintu. Berbagai kegiatan sudah disiapkan jajaran Kementerian Agama untuk menyambut hari lahir lembaga umat ini. Tak terkecuali dharmawanita yang juga ikut berpartisipasi dalam memeriahkan HAB ke 76 Kementerian Agama yang jatuh pada 3 Januari 2022 mendatang.

Menyikapi hal itu, Dharmawanita Persatuan (DWP) unit Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat bersama sudah menyiapkan berbagai kegiatan dan lomba. Diantara lomba yang sudah disiapkan panitia, lomba senam kreasi, lomba merias buah dan sayur,serta lomba qasidah.

Hal ini diungkapkan Ketua Dharmawanita, Ny. Nazifah Helmi saat melaksanakan rapat persiapan, Kamis (02/11) di Aula FKUB Kanwil Kemenag Sumbar. Hadir dalam kesempatan ini pengurus dan panitia HAB ke 76 dharmawanita yang sudah di SK kan Kepala Kanwil.

Dikatakan Nazifah, sebagai anggota dharmawanita dan istri pegawai negeri kita harus bisa mendukung pekerjaan suami. “Untuk ikut mendukung karir, kita harus tahu program dan isu-isu apasaja yang berkaitan dengan pekerjaan suami. Ikut memeriahkan hari amal bhakti membuktikan bahwa kita turut serta mendukung program Kementerian Agama,” ungkap Nazifah.

Tahun ini lanjut Kepala Dina Kesehatan Kota Pariaman ini, panitia HAB dharmawanita sudah merencanakan (3) tiga jenis lomba. Pertama, lomba senam kreasi. Lomba ini memotifasi anggota dharmawanita untuk gemar berolahraga.

“Jika anggota dharmawanita rajin berolahraga tubuh akan bugar, pikiran juga cemerlang dan tubuh menjadi sehat. Sehingga para istri pegawai negeri bisa memberikan pelayanan terbaik kepada suami, sehingga rumahtangga terpelihara dengan baik,” ujar nazifah menyemanagti anggotanya.

Kedua lanjut Ny. Nazifah Helmi lomba merias buah dan sayur. Lomba ini juga bertujuan agar anggota dharmawanita bisa menerapkan pola hidup sehat. Dengan banyak makan buah dan sayur tubuh menjadi sehat. “Mari kita budayakan hidup sehat dengan ikut mendukung program Germas (Gerakan Masyakarakat) hidup sehat,” ajak Nazifah.

Ketiga, lomba qasidah. Lomba ini kita bagi menjadi dua kategori, solo qasidah bagi anggota dharmawanita dan duet yang diperuntukkan bagi pejabat eselon III Kemenag se Sumatra Barat. Lomba qasidah ini akan menjadi ajang silaturrahmi bagi anggota dharmawanita dan jajaran Kemenag kabupaten kota se Sumatra Barat.

“Lomba qasidah ini selain hiburan juga bernuansa Islami sehingga tetap mengandung nilai-nilai syair-syair dakwah. Jika kita mendengarkan lantunan music-musik islami tentu akan membuat kita senang dan bersemangat. Hal ini akan menaikkan imun kita sehingga resiko terkena covid 19 juga sangat sedikit,” papar Nazifah.

Tak tanggung-tangung untuk lomba qasidah eksekutif ini Ketua Dharmawanita bersama Kakanwil akan menghadirkan bintang tamu Dokter Iqbal Lida (Liga Dangdut) sekaligus sebagai dewan juri. Iqbal merupakan pemuncak pada ajang liga dangdut yang dilaksanakan salahsatu stasiun televise swasta nasional. Iqbal juga berasal dari Padang Pariaman dan berprofesi sebagai seorang dokter.

“Alhamdulillah kita sudah berkomunikasi dengan Iqbal dan sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir sebagai bintang tamu sekaligus dewan juri. Ini sebagai bentuk dukungannya terhadap Kementerian Agama,” kata Nazifah lagi.

Terakhir Nazifa juga mengingatkan seluruh panitia untuk tetap menerapkan protocol kesehatan selama lomba berlangsung. “Karena masih dalam masa pendemi kita akan tetap melaksanakan lomba dengan aturan protkol kesehatan yang ketat. Kita rencanakan lomba ini di akhir desember atau awal Januari,” tutup Nazifah Helmi. (Rina)