Forum UMKM Dikukuhkan, Diharapkan Meningkatkan Perekonomian dan Lapangan Kerja

Sumber gambar: InfoPublik.id

PADANG, EKSPRESNEWS.COM – Wali Kota Padang, Hendri Septa secara resmi mengukuhkan pengurus Forum Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) Kota dan Kecamatan se-Kota Padang. Pengukuhan digelar di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Centre, Sabtu (27/1/2024).

Dalam arahannya, Hendri Septa mengatakan Forum UMKM sebagai wadah untuk memfasilitasi pelaku usaha, sehingga dengan adanya forum ini dapat membantu mengayomi pelaku UMKM dalam berwirausaha.

“Ini menjadi tantangan bagi Forum UMKM bagaimana merancang untuk meningkatkan perekonomian dan lapangan kerja,” katanya dikutip dari InfoPublik.id.

Tambahnya, terdapat 120 ribu pelaku UMKM se-Kota Padang diharapkan keberadaan forum sebagai jejaring bisnis dengan pelaku usaha, selain itu menjadikan forum sebagai informasi untuk mendukung pelaku UMKM lainnya.

“Sebagai wadah peningkatan keahlian sekaligus sebagai alat pertumbuhan ekonomi, seyogianya dituntut untuk kreatif dalam menjalankan bisnis dan mampu memanfaatkan peluang usaha. Melalui forum ini saling semangat dalam mempromosikan usaha produk,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang, Fauzan Ibnovi menyebut telah terbentuk sebanyak 104 Forum UMKM kelurahan, 11 Forum UMKM kecamatan dan satu forum UMKM Kota Padang.

“Anggota Forum saat ini berjumlah 1.200 orang diharapkan berjalannya waktu dapat berkembang lagi. Perlunya mewadahi UMKM dalam melakukan pendampingan usaha, sehingga dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan sesama pelaku UMKM,” terang Fauzan.

Sementara itu, Ketua Forum UMKM Kota Padang, Mory Dean Asli Chaidir menyebut dilantiknya pengurus ini akan dibekali berbagi ilmu nantinya sekaligus bersinergi bersama pemerintah.

“Inilah yang harus dilakukan bagaimana bersinergi bersama, dalam forum ini dituntut untuk melahirkan ide kreatif, tidak hanya UMKM rumahan tetapi juga mengekspor UMKM agar dikenal banyak orang,” tutupnya.

Adapun struktur pengurus Forum UMKM Kota Padang diketuai Mory Dean Asli Chaidir, Wakil Ketua Farouk, Sekretaris Yandra, dan Bendahara Yasnidar.

Sementara untuk Ketua Forum UMKM Kecamatan Padang Selatan dijabat Fiky Ardiman, Padang Timur Jaihan, Padang Barat Joni Osmon, Padang Utara Rezeki Viona, Bungus Teluk Kabung Frimadona, Lubuk Begalung Badri Edizal, Lubuk Kilangan Dasril, Pauh Febriani, Kuranji Erpina, Nanggalo Edward Zulictiar, dan Koto Tangah Puji Astuti.

Dalam agenda tersebut juga diserahkan alat penunjang usaha bagi pelaku UMKM untuk memperlancar usahanya.