Fespati Sawahlunto Dorong Pemko dan Kormi Buka Wisata Panahan Berkuda

SAWAHLUNTO, EKSPRESNEWS.COM – Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama istri, Mayvita Deri Asta pada hari Ahad pagi kemaren melakukan peninjauan kelapangan panahan desa Sikalang Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (22/1/2023).

Wako Deri Asta tiba dilokasi saat para atlet Fespati kota Sawahlunto tengah latihan panah, sontak terkejut saat “disidak” walikota Deri Asta, pada saat sedang latihan dalam persiapan lomba At-tin Expo 2023 di kota Pariaman tingkat provinsi Sumatera Barat pada tanggal 10 Februari bulan depan.

Ketua umum Fespati Sawahlunto, Eraflah yang akrap disapa Abi Maulana (48) kepada EkspresNew.com, Senin (23/1/2023) mengatakan agenda rutin latihan dan kebetulan kami (Fespati) tengah latihan persiapan turnamen usia sekolah dasar di Pariaman, Februari nanti.

Apalagi untuk tingkat usia sekolah Fespati Kota Sawahlunto untuk Usia Sekolah (remaja) sudah familiar dengan podium pada beberapa event sebelumnya, bahkan event online atlet dewasa putri lolos ke babak 16 se Indonesia,” kata Abi menambahkan.

Ditengah bumingnya olahraga panahan tradisional ini Abi Maulana berharap Sawahlunto bisa menjadi center pointnya wisata kuda panah di Sumatera Barat disamping menciptakan atlet panah berkuda.

Disamping menjadi sebagai daya tarik pariwisata tentu akan berdampak juga untuk economi masyarakat sekitar dan ini tentu butuhnya sentuhan pemerintah kota dan lembaga terkait.

Dan sejauh ini respon Pemko sangat baik, pak wako deri asta sudah memberi sinyal positif apalagi hadir dan membaur bersama anak-anak di lapangan ahad kemaren dan KORMI sendiri sebagai payung resmi Fespati juga sangat mendukung.

“Tinggal sarana dan pra sarana yang akan di persamai agar bisa segera terealisasi,” pungkas Abi.(***)

Penulis: Ab1Editor: Abdi