Fokus  

Erick Thohir Dinilai Cawapres Potensial karena Miliki Banyak Keunggulan Besar

Erick Thohir

JAKARTA, EKSPRESNEWS.COM – Menteri BUMN, Erick Thohir dinilai memiliki sejumlah keunggulan untuk dapat diusung maju sebagai calon wakil presiden (cawapres). Sehingga mampu menguatkan akseptabilitas Erick Thohir menjadikannya cawapres potensial untuk Pilpres 2024

Pengamat Politik Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi mengatakan, Erick Thohir semakin mendapat dukungan kuat maju cawapres. Mayoritas pendukung Erick Thohir berasal dari kalangan milenial.

Menurut dia, kekuatan Erick Thohir tidak hanya terletak pada dukungan besar milenial. Ketua Umum PSSI ini juga memiliki segudang pengalaman serta kemampuan logistik yang mumpuni. “Dengan dukungan logistik, pengalaman, reputasi dan potensi elektabilitasnya, semestinya bisa memperkuat akseptabilitas (Erick Thohir),” ujar Ade seperti dilansir dari Antara.

Elektabilitas Erick Thohir sendiri tertinggi dalam hasil survei Indikator Politik periode tanggal 26-30 Mei 2023. Torehan elektabilitas Erick Thohir pada simulasi 18 nama cawapres sebesar 15.5%.

Di satu sisi, pemilih Erick Thohir merata tinggi di tiga Provinsi di Pulau Jawa, mulai dari Banten (24.0 persen), DKI Jakarta (29.8 persen), serta Jawa Tengah DIY (16.8 persen).

Karenanya, lanjut dia, tidak heran bila Erick Thohir menjadi sosok yang layak diusung sebagai cawapres terfavorit pada Pilpres 2024. Bahkan semakin menjadi incaran banyak partai politik (parpol) pengusung. “Menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan oleh parpol sebagai kandidat cawapres potensia,” pungkasnya. (Skl)