Dukung Pelaksanaan TMMD, Pendam XII/TPR Terjun Langsung ke Lapangan

0

BENGKAYANG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 tahun 2021 telah resmi dibuka tanggal 15 Juni 2021 dan akan berakhir tanggal 14 Juli 2021 yang berlangsung selama 30 hari.

TMMD Regtas Ke 111 Kodim 1202/Singkawang dilaksanakan di desa Sentangau Jaya Jalan Trans Segorong Kecamatan Seluas Kab Bengkayang.

Sasaran kegiatan TMMD terdiri dari kegiatan fisik dan non fisik, kegiatan fisik antara lain pembuatan jalan Rabat Beton, pembuatan pagar, pembuatan/Perehaban sarana dan prasarana umum, pembuatan jembatan serta kegiatan non fisik antara lain penyuluhan KB kesehatan, hukum, Kamtibmas, pertanian, perternakan, perikanan, Bela Negara dan Wasbang serta faham radikal.

Dalam kegiatan TMMD ini Penerangan Kodam XII/Tanjungpura (Pendam XII/TPR) merupakan satuan yang juga mendukung kegiatan TMMD ini, dalam hal pendokumentasian dan publikasi kegiatan tersebut.

“Pendam XII/TPR harus terjun langsung ke lokasi TMMD untuk mendapatkan dokumentasi, baik foto dan video untuk dipublikasikan ke media-media lokal maupun Nasional,” kata Anggota Pendam XII/TPR, Sertu Putri.

TMMD menyasar pembangunan di daerah terpencil, terdepan, dan tertinggal jauhnya jarak tempuh ke lokasi sasaran TMMD memakan waktu berjam-jam dengan menggunakan sarana transfortasi Darat.

Hal ini tidak menjadi halangan bagi Pendam XII/TPR untuk melaksanakan tugas peliputan ke lokasi TMMD yang jauh dan terpencil. Untuk mencari dan menyebarkan berita tentang TTMD yang dilaksanakan bersama-sama TNI dengan instansi lintas sektoral dan masyarakat yang ada di wilayah.

Personel peliput juga tidur dan makan bersama-sama anggota Satgas TMMD di rumah-rumah masyarakat yang ada di lokasi TMMD. Semua itu dilakukan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan silahturahmi yang erat dengan masyarakat yang berujung pada terbentunya RAK juang yang tangguh.

Personel-personel yang dilibatkan dalam pendokumentasian kegiatan TMMD ini merupakan personel yang sudah terlatih dalam hal pengambilan gambar bergerak maupun foto, kegiatan TMMD ini merupakan tugas yang penuh tantangan bagi personel Pendam XII/TPR karena dihadapkan dengan kondisi wilayah tempat dilaksankannya TMMD terpelosok dan terpencil, jauh dari jangkauan sarana infrastruktur yang memadai, sehingga perlu mental yang tinggi untuk melaksanakan tugas peliputan kegiatan TMMD tersebut.

TMMD Ke-111 diharapkan dapat mempercepat pembangunan desa, program ini merupakan program strategis untuk mendukung Nawacita pemerintah khususnya point ketiga, yaitu membanggun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.(Pendim 1202/Skw)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.