DPRD Tegaskan OPD Untuk Berdayakan Dan Beli Produk Lokal

0

EkspresNews.com – Gaung UMKM yang menjadi salah satu jargon di Pemerintah Kota Sawahlunto, menurut Fraksi PPP,Demokrat dan Perindo masih sebatas platform program semata. Belum ada keseriusan dan sinergisitas pembangunan yang mengadopsi produksi produksi lokal sawahlunto.


Hal ini disampaikan H.John Reflita,SH saat menyampaikan tanggspan Fraksi pada Paripurna Pengambilan Keputusan LPAPBD tahun anggaran 2019 , Kamis ( 30/7) di Gedung DPDR Sawahlunto.
” Kurangnya minat pedagang untuk mengisi kios kios Pasar Sawahlunto menjadi salah satu indicator ketidakberdayaan masyarakat dari sektor ekonomi “, Jhon menyampaikan.


Untuk itu faksi menghimbau agar Pemko Sawahlunto melalui OPD OPD terkait untuk menyiasati dan membuat program program yang terukur dan efisien yang betul mampu mengakomidir kearifan lokal, agar UMKM kita serang tumbuh mampu bertahan dan kemudian berkembang, Termasuk pelatihan pelatihan yang memang dibutuhan oleh para pelaku UMKM itu sendiri, lanjut Jhon lagi.


Kepada EkspresNews.com usai paripurna H.Jhon mengungkapkan produk lokal kita sudah hampir mencukupi pasokan pasokan yang dibutuhkan kota ini.
” tapi masih saja ada kegiatan pembanguanan yang belanja bahan baku seperti Batu Bata, Kayu serta beberapa bahan lainnya ke propinsi tetangga.Padahal kualitas bahan jadi kita disini punya daya saing yang bagus “, ujar Jhon.

Bekerja untuk Masyarakat sebagai fungsi pengawasan , Jhon Reflita mengaku banyak tantangan yang harus segera di selesaikan. Salah satunya sidak ke OPD terkait proram yang tengah berjalan, Evaluasi perhitungan keseimbangam anggaran, serta sejauh mana implementasinya ditengah kehidupan masyarakat, sampai turun ke lapangan dalam agenda memantau target kinerja dan serap aspirasi langsung dari warga.
Dan ini salah satu solusinya DPRD harus memiliki semacam konsultan yang membantu meneracakan anggaran agar menjadi bahan fraksi untuk mengevaluasi kegiatan secara real.


Reses kedapil dari 37 Desa dan Kelurahan menurutnya menjadi agenda tetap dan terstruktur , sehingga kendala dan keberhasilan program sesuai tahapannya dapat tercermati.
Kami dari Komisi 2 bidang Ekonomi akan berusaha bekerja untuk mendorong dan merealisasikan hal hal yang kami sampaikan tadi, Pungkas John.(Ab1)

Comments

comments

About author