DPD RI  

Donny Moenek : Pancasila Satukan Bangsa Melalui Persatuan

EkspresNews.com – Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar Moenek menyatakan, meskipun akhir-akhir ini Pancasila mengalami ujian yang tidak mudah, baik dari dalam maupun luar negeri, namun Pancasila justru semakin teruji keberadaannya untuk menyatukan bangsa melalui persatuan, kesatuan dan keutuhan Pancasila. Mengingat keberadaan Pancasila telah menyadarkan seluruh pihak sebagai dasar negara.

Setjen DPD RI, Reydonnyzar Moenek

“Pancasila menyadarkan bagi kita sebagai dasar negara yang betul-betul dapat diterima dan sebagai solusi yang bijak dari berbagai kebhinekaan yang kita miliki selama ini,” kata Sekjen DPD usai menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Terkait dengan tema Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, Donny biasa ia disapa mengatakan, bahwa tema tersebut sesuai dengan Pembukaan UUD 1945, dimana tujuan berbangsa dan bernegara adalah untuk mencerdaskan bangsa, memelihara ketertiban dunia dan sebagainya, sehingga seluruh pihak bertekad untuk mencapai tujuan tersebut.

“Jadi, tujuan bernegara dan pemerintahan pasti menyangkut masalah keadilan, masalah kesejahteraan, dan memajukan kesejahteraan umum. Khusus bagi DPD sendiri, Setelah bagaimana sering disampaikan oleh pimpinan kita tidak ada Indonesia maju, tanpa daerah maju,” ungkap Donny sapaan akrab many an Plt Gubernur Sumbar itu.

Sebagai Sesjen DPD RI, Donny menegaskan bahwa daerah harus maju dan makmur juga bahagia terlebih dahulu, baru kemudian disusul oleh daerah maju lainnya untuk bersama-sama meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa, sehingga saat itulah Indonesia dapat maju dan makmur. Ia juga mendorong seluruh pihak untuk mengembangkan diri dan kompetensinya, khususnya generasi muda agar dapat meregenerasi bangsa di kemudian hari.

“Tentunya kita semua dari Kesetjenan bertekad untuk memberikan dorongan, kesempatan bagi siapapun yang punya fasillitas, kemampuan untuk dapat mengembangkan jati dirinya, kompetensinya, dan kapasitasnya. Termasuk juga nanti ke depannya merekalah yang memegang bangku kepemimpinan dalam proses regenerasi yang tentunya akan berkolerasi dengan menigkatkan kesejahteraan, keadilan, maupun kemjuan bagi teman-teman kita semua di DPD RI,” tutupnya.