Diundang RRI, Forum Anak Bahas Hak Partisipasi Anak

0

PADANG, EKSPRESNEWS.COM – Radio Republik Indonesia (RRI) Kota Padang mengundang Forum Anak Kota Padang Panjang untuk menjadi narasumber dengan mengusung tema “Pemenuhan Hak Partisipasi Anak di Kota Padang Panjang”.

Acara tersebut dihadiri Fasilitator Forum Anak Padang Panjang, Soni Muhammad Rafi bersama pengurus Forum Anak, Annisa Salsabila dan Dina Rahma Alaiya, Kamis (30/12). Dalam siaran RRI tersebut, Forum Anak diwawancarai Tito Oktri salah satu penyiar di RRI.

Soni menyampaikan, program-program yang telah dilaksanakan Forum Anak. Menurutnya, salah satu hak dasar yang dimiliki anak adalah hak partisipasi. Hak ini harus dipenuhi dan dijamin setiap stakeholder yang ada, terutama pemerintah.
Pemerintah berkewajiban untuk menyediakan ruang bagi anak untuk dapat berpartisipasi secara baik dan wajar dalam menunjang tumbuh kembang anak.

“Salah satu bentuk pemenuhan hak partisipasi anak adalah dengan bergabung di Forum Anak. Di forum ini, anak akan bisa mengembangkan diri dengan baik dan meningkatkan rasa peka terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Serta menjadi jembatan bagi anak-anak lainnya untuk bersuara kepada pemerintah,” katanya.

Disambung Salsabila, salah satu bentuk pemenuhan hak partisipasi anak yang tidak kalah penting adalah anak dilibatkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang). Di situ anak diminta untuk menyampaikan apa-apa saja hal yang perlu diperhatikan bagi pemerintah untuk anak-anak yang ada di Kota Padang Panjang.

“Kami yakin, semua yang telah dilakukan pemerintah adalah yang terbaik untuk kami. Tetapi tentu masih ada hal yang perlu diindahkan pemerintah,” ujarnya.

Dina juga menambahkan, jika sekarang berbicara mengenai kesejahteraan anak, maka yang sebenarnya dibicarakan adalah untuk anak-anak dimasa yang akan datang. Begitu pentingnya pemenuhan setiap hak yang dimiliki seorang anak. Karena anak sebagai salah satu fundamental untuk kemajuan Indonesia dimasa yang akan datang.

“Saya pribadi sangat berterima kasih terutama kepada Bapak Wali Kota yang sudah melakukan banyak hal-hal terbaik untuk kami anak-anak yang ada di kota ini,” sahut Soni.

Di akhir acara, Soni mengimbau agar anak-anak berperan bukan baperan. “Kita harus menjadi anak-anak yang berproses, bukan banyak protes. Walaupun kita hanya rebahan, tapi kita harus jadi generasi rebahan bawa perubahan,” ucapnya. (Dian)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.