Diundang Pelatihan Guru, Wako Fadly Amran Lepas Keberangkatan Guru SMAN 3 ke Korsel

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Suatu kebanggaan bagi Kota Padang Panjang, salah seorang guru SMAN 3, Fitra Murni AR, S.Pd diundang mengikuti teacher training (pelatihan guru) di Cheongju, Korea Selatan (Korsel) yang diselenggarakan IACE (Institute of APEC Collaborative Education) pada 12-13 Mei mendatang.

Keberangkatan Fitra ke Korsel dilepas Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano di Balai Kota, Selasa (9/5). Ia merupakan satu-satunya guru Indonesia yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Dikatakan Fitra, dirinya di sana juga  diminta berbagi pengalaman terkait keberhasilan pertukaran pelajar pada Januari lalu. Yaitu antara SMAN 3 Padang Panjang, Indonesia dan Seoul Technical High School. Saat itu pelajar dari Korsel menjalankan kegiatan sharing budaya dan teknologi di SMAN 3.

“IACE menilai program pertukaran pelajar Indonesia-Korea ini perlu disebarluaskan untuk sekolah-sekolah yang ada di Korea. Sehingga akan banyak sekolah-sekolah Korea yang akan melakukan kerja sama di antara negara-negara ekonomi APEC,” tuturnya.

Fitra turut menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemko Padang Panjang, Pemerintah Provinsi dan semua pihak yang terlibat. Rombongan Seoul Technical High School saat itu sangat terkesan dengan kehangatan masyarakat Padang Panjang, serta budaya dan keindahan alamnya.  “Ini semua tentunya tidak terlepas dari dukungan penuh dari Pemko yang telah memberikan sambutan yang sangat berkesan bagi rombongan Seoul Technical High School,“ ujarnya.

Sementara itu, Wako Fadly mengapresiasi pencapaian Fitra.  Dirinya turut bangga lantaran tidak hanya wakil dari Sumatera Barat, tetapi wakil dari Indonesia. “Mudah-mudahan aktivitas di Korea bisa berjalan lancar. Hendaknya ini bisa memotivasi guru-guru lain. Titip salam buat kepala sekolah, guru dan murid Seoul Technical High School di situ,” sebutnya. (Dian)