Dispora Padang Sukses Gelar Maraton

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kota Padang kembali sukses dalam mengusung event keolahragaan. Setelah sukses dalam kegiatan gerak jalan tepat waktu beberapa bulan lalu, kali ini Dispora kembali sukses dalam melakukan event lomba Maraton.

EkspresNews.com – Kepala Bidang Olahraga Dispora Padang Yuherdi mengatakan, kegiatan tersebut sukses berkat bantuan semua pihak. Tidak kalah penting katanya, adalah peserta. Ia menyebutkan, peserta kali ini, tidak hanya untuk kota Padang, tapi juga daerah-daerah di Sumbar, Bandung, Nusa Tenggara Barat, dan yang lainnya. Peserta dalam mengukutinya sangat antusias. “Pesertanya luar biasa. Antusias mereka menjadi semangat bagi kami untuk mengadakan lagi di tahun depan,” katanya pada Sabtu (25/11) lalu.

Menurut Yuherdi, olahraga sangat penting. Tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga bisa menghindari dari pengaruh narkoba atau pergaulan bebas. “Misalnya, daripada mereka berkumpul dengan orang yang tidak bermanfaat, memberikan pengaruh buruk, lebih baik mereka berolahraga,” katanya.

Ia menyebut,  lomba maraton tersebut juga kebanyakan berasal dari kalangan pelajar. Dengan begitu, katanya, ini merupakan satu wadah yang baik untuk mereka saling mengenal dan kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi.

Lomba maraton tersebut diilepas oleh Kabid Olahraga Dispora Kota Padang Yuherdi. Diawali dari Gor H. Agus Salim dan kembali lagi atau finish di GOR tersebut. Kegiatan itu, diikuti oleh ratusan pelajar sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dan juga umum. Masing_ masing kategori punya jarak tempuh yang berbeda.

“Dengan jarak tempuh untuk tingkat SD 2,5 km/jam, tingkat SMP SMA sederajat dengan jarak tempuh 5 km/jam, dan berikutnya untuk tingkat umum dengan jarak tempuh 10 km/jam,” kata Yuherdi.

Yuherdi mengatakan, kegiatan tersebut berasal dari berbagai sekolah di Padang. “Untuk tingkat SD sebanyak 20 sekolah yang mewakili sekolah masing-masing di kota Padang dengan rincian putra 10 dan putri 10. Untuk tingkat SMP juga ada 20 sekolah dengan rincian 10 putra dan 10 putri,  begitu juga untuk SMA sederajat diikuti 20 sekolah dengan rincian 10 putra dan 10 putri,” katanya.

Ia lanjutkan, sedangkan untuk umum dengan jumlah peserta 20 dengan rincian 10 putra dan 10 putri, ada yang berasal dari NTB dan juga Bandung. Mengenai hadiahnya, Yuherdi mengatakan, totalnya adalah Rp.200 Juta.

Lomba maraton dimenangkan untuk tingkat SD Putri, juara pertama yaitu SD 03 Padang timur, juara kedua SD 25 Air Tawar, berikutnya untuk juara tiga SD 06 Pulau Air. Sedangkan untuk tingkat SD putra juara pertama yaitu SD 18 Air Tawar, juara kedua SD 38 Kuranji, berikutnya juara tiga SD 13 Surea. “Untuk tingkat SMP putra juara pertama yaitu SMP 23 Padang,  juara kedua SMP 27 Padang, berikutnya juara tiga SMP 33 Padang. Sedangkan untuk SMP putri juara pertama yaitu SMP 34 Padang,  juara dua SMP 37 Padang, berikutnya SMP 24 padang. Berikutnya untuk tingkat SMA sederajat putra juara pertama yaitu SMK 3 Padang,  juara dua SMA 4 Sumbar,  juara tiga SMA 5 Padang,” jelasnya.

Berikutnya untuk tingkat umum putra juara pertama yaitu Ridwan dari NTB,  juara dua Hamdan Syayuti dari Sijunjung, berikutnya juara tiga Jauhari Johandari Sumatera Selatan. Sedangkan untuk tingkat umum putri juara pertama yaitu Odekta Naibaha dari DKI jakarta, juara dua yaitu Yulianti Utari 50 kota,  berikutnya juara tiga yaitu Bayu trianata sari dari kota Solok. (Asra)