Dispangtan Turunkan Petugas Pemeriksaan Hewan Kurban di 20 Lokasi

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menurunkan petugas pemeriksaan hewan kurban di 20 lokasi pemotongan yang tersebar di 16 kelurahan se-Kota Padang Panjang, Rabu (28/6).

Sebanyak 26 petugas diturunkan tersebar di semua titik yang sudah melakukan penyembelihan hari ini. Mereka melakukan pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan setelah pemotongan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan, drh. Wahidin Beruh menyampaikan, 26 petugas yang diturunkan memeriksa sebanyak 97 hewan kurban yang disembelih pada hari ini, terdiri dari 86 ekor sapi dan 11 ekor kambing.

“Petugas kita melakukan pengecekan dan pemeriksaan pada bagian kepala, lidah, organ mulut, hati, jantung, limpa, paru, ginjal dan organ dalam lainnya. Serta termasuk pengecekan daging kurban itu sendiri,” ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan, petugas juga mengawasi dan mengarahkan bagaimana meng-handle dan men-strain hewan yang akan dipotong, juga mengawasi penggunaan pisau (ukuran dan ketajaman).

Petugas juga memastikan proses pemotongan daging. Misalnya panitia tidak merokok ketika proses memotong daging, menginjak dengan sepatu atau alas kaki di tempat peletakan daging. Serta pengemasan menggunakan kantong bening yang dipisah antara isi jeroan merah/hijau dengan daging. (Dian)