Didi Aryadi : Museum Yang Perspektif Memudahkan Generasi Muda Memahami Nilai Perjuangan Pahlawan Nasional

0

PADANG, EKSPRESNEWS.COM –  Usai peresmian pembukaan seminar tentang Museum dalam Perspektif Sejarah dan Pendidikan, Asisten III Setdako Padang Didi Aryadi menjelaskan bahwa museum yang perspektif guna memudahkan generasi muda kita memahami nilai perjuangan seperti perjuangan pahlawan nasional seperti Bagindo Azis Chan, Senin (21/9/2021).

Sementara Kadis Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi menerangkan, “Kita ingin ke depan salah satu sumber belajar bagi pelajar, perguruan tinggi dan masyarakat secara keseluruhan.

Mulai anggaran perubahan ini, sesuai arahan Wali Kota, direvitalisasi dengan study kelayakan untuk Museum Bagindo Azis Chan dan Museum Gempa. Kunjungan museum terencana dan terprogram dengan proses pembelajaran sehingga nilai manfaatnya semakin meningkat, jelas Habibul Fuadi.

Didi Aryadi mengatakan, museum tidak semata untuk menyimpang benda benda bersejarah yang ada di suatu daerah, namun museum juga berfungsi sebagai tempat edukasi bagi masyarakat terutama bagi para pelajar sebagai program ekstra kurikuler dari sekolah.

“Kita berharap, museum dapat dijadikan tempat menimba ilmu, edukasi bagi para pelajar dan masyarakat umum,”ujar Didi Ariyadi.

Sementara itu panitia pelaksana seminar Plt Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Daliusman mengatakan, seminar ini merupakan salah satu kegiatan dalam pengelolaan permuseuman pada tahun anggaran 2021.

Dijelaskannya, program ini mengacu kepada kegiatan pengelolaan museum kabupaten kota dengan sub kegiatan pembinaan dan peningkatan mutu dan kapasitas sumberdaya manusia permuseuman.

“Kita harap dapat menambah wawasan peserta dan menjadikan awal kebangkitan semangat permuseuman bagi generasi muda di Kota Padang,”ungkapnya.

Seminar yang berlangsung satu hari penuh ini, menghadirkan nara sumber yang berkompeten pada bidang permuseuman yakni Gusti Asnan dengan makalahnya citra dan identitas Kota Padang dalam lintas sejarahnya, Zuzneli Zubir dengan topik pemuda revolusioner BPPI dalam potret dan teks menuju terbentuknya museum di Kota Padang, Habibul Fuadi dengan judul makalah museum di dalam Kota Padang, Wannofri Samry dengan topik peranan media massa dan perkembangan pers di Padang dan Noviyanty Awaluddin dengan judul makalah museum dan strategi pengembangannya. (Fuji)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.