Debit Air Meningkat Sebabkan Aliran Sungai Ngarai Sianok Meluap, Tak Ada Korban Jiwa

BUKITTINGGI, EKSPRESNEWS.COM – Diduga karena meningkatnya debit air, aliran sungai Ngarai Sianok di perbatasan Bukittinggi-Agam terkonfirmasi meluap pada Senin (3/6/2024) sore.

Dikutip dari RadarSumbar, akibatnya, belasan bangunan warga yang ada di sepanjang aliran sungai tersebut terendam air. Meski sempat membuat panik warga, saat ini air sungai mulai surut, namun sejumlah bangunan tertimbun pasir.

Dari sejumlah rekaman media sosial, terlihat air dengan intensitas besar ini menghantam semua benda yang ada di depannya. Beruntung, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Kepala Pelaksana BPBD Agam Bambang Warsito saat dihubungi sejumlah wartawan menyebut, banjir datang secara tiba-tiba sekira pukul 15.00 WIB, berdasarkan laporan dari masyarakat.

“Kemungkinan besar, sedang hujan deras di bagian hulu. Tapi, kita sudah siapkan tim ke Ngarai Sianok untuk bersiaga,” tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, kondisi di lokasi tersebut sudah mulai Kembali kondusif. Petugas dari unsur kebencanaan juga sudah bersiaga di lokasi untuk antisipasi kejadian susulan. (rdr)