Cegah Silent Killer Hipertensi Bersama Mahasiswa KKN-BK P 166 Unimal

0

EkspresNews.com – Beralih sejenak dari covid 19, mahasiswa KKN-BK Unimal melaksanakan penyuluhan tentang hipertensi dan pentingnya pengobatan hipertensi di Nagari Sumani, Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok, Sumatera Barat. Mahasiswa itu adalah Rani Aprilita seorang Mahasiswi yang berasal dari Fakultas Kedokteran Unimal Lhokseumawe, Aceh. Dalam pelaksanaan KKN kali ini tergabung dalam kelompok P116 dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), bpk. Muhibuddin, S.H, M.Hum.

Hipertensi, adalah kenaikan tekanan darah atau Bahasa awamnya naik darah adalah keadaan dimana terjadi kenaikan tekanan darah besar dari 140/90. Kejadian hipertensi tidak disadari sehingga yang menjadi penderita hipertensipun tidak sadar dia punya tekanan darah tinggi. Sehingga si penderita tidak melakukan pengobatan. Dengan demikian maka mahasiswa KKN-BK kelompok P116 tertarik mengambil tema penyuluhan hipertensi untuk kegiatan KKNnya.

Pelaksanaan KKN kali ini berbeda dengan sebelumnya, dimana KKN kali ini dilaksanakan di kampung masing-masing karena masih kondisi pandemi Covid 19. Dengan demikianlah Rani, mahasiswa KKN-BK unimal melakukan KKN penyuluhan hipertensi di Jorong Kajang Nagari Sumani pada Senin, 16 November 2020. KKN kali ini disambut baik oleh bapak Wali Nagari Sumani dan masyarakat Sumani khusus kepada warga Jorong Kajang. Dilihat dari antusias warga dalam mendengarkan dan berdiskusi tentang penyuluhan tersebut.

Eka, salah seorang warga peserta penyuluhan hipertensi memberikan penilaian terhadap kegiatan ini sebagai kegiatan yang bermanfaat.

“Kegiatan hipertensi ini sangatlah bermanfaat untuk pengetahuan kita, dimana dengan adanya penyuluhan ini kita harus waspada terhadap kesehatan pribadi dan harus menyegerakan mencari pertolongan medis apabila tanda dan gejala hipertensi itu terjadi. Selain itu didapat juga informasi tentang pencegahan yang sangat mudah di pahami,” ujar Eka.

Dengan penyuluhan ini Rani berharap semoga masyarakat lebih sadar lagi tentang hipertensi dan melakukan pengobatan rutin hipertensi di pusat pelayanan kesehatan. “Semoga dengan adanya penyuluhan ini dapat peningkatkan pengetahuan masyarakat tentang hipertensi dan masyarakat juga segera melakukan skrining hipertensi, apabila menderita hipertensi semoga bisa mengontrol hipertensi itu dengan baik,” jelas Rani. (RNA)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.