Cara Mengoptimalkan Bisnis Dengan Kreativitas

EKSPRESNEWS.COM – Seiring perkembangan waktu, para pelaku bisnis dituntut untuk lebih berpikir kreatif dan inovatif agar bisa bertahan di segala kondisi. Pernah kah Anda melihat atau merasa sama-sama jual produk yang sama namun larisnya beda?

Padahal jual produk yang sama, target pasar yang sama bahkan strategi pemasarannya pun sama namun output penjualannya berbeda. Hal tersebut bisa jadi beda karena yang satu memakai kreativitas dan inovasi pada produk bisnisnya.

Zaman sekarang, seiring berkembangnya sektor ekonomi kreatif Indonesia, masyarakat tidak lagi membutuhkan produk untuk memenuhi kebutuhannya namun dari sisi kreativitas bisnis dan fungsi keindahannya.

Terlebih, dunia saat ini termasuk Indonesia sudah memasuki revolusi industri 4.0. Mau tidak mau dan suka tidak suka para pelaku bisnis harus menggunakan sisi kreativitas agar bisa bertahan di tengah-tengah kerasnya persaingan bisnis dan tuntutan di era digital seperti sekarang ini.

Maka dari itu, agar bisnis Anda tidak tertinggal oleh kompetitor lain dan tidak ketinggalan zaman perlu menggunakan sisi kreativitas bisnis untuk mengoptimalkan bisnis seperti yang akan dijabarkan di bawah ini.

Pentingnya Kreativitas Bisnis

Sudah disinggung di atas kreativitas dalam berbisnis menjadi sangat penting agar bisa tetap bertahan dan tidak tertinggal oleh kompetitor lain. Misalkan saat pandemi COVID-19 berlangsung.

Pada saat pandemi COVID-19 hanya beberapa usaha saja yang bisa bertahan, sisanya gulung tikar. Bahkan dalam beberapa data menyebutkan bahwa kondisi UMKM di tengah pandemi lebih buruk dari pada masa krisis ekonomi yang dialami oleh Indonesia pada tahun 1998.

Intinya dalam segala situasi kita akan dihadapkan beberapa tantangan dan masalah yang memaksa kita harus bertahan dan pandemi COVID-19 adalah salah satunya.

Dari kasus melonjaknya COVID-19, kita bisa belajar bahwa kita tidak bisa terus menggantungkan pada keadaan melainkan memanfaatkan potensi dalam diri kita yaitu kreativitas.

Dengan kreativitas bisnis, Anda bisa menemukan inovasi produk atau pelayanan yang belum ada sebelumnya. Hal ini tentu bisa menarik perhatian dan daya beli para pelanggan. Serta mengunggulkan kompetitif bisnis dan meningkatkan produktivitas.

Implementasi Kreativitas Bisnis

Anda sudah tau betapa pentingnya kreativitas bisnis agar bisa bertahan dan sudah tidak perlu lagi mengandalkan situasi. Mungkin secara teori Anda sudah tahu dan masih bingung cara pengimplementasinya ke dalam bisnis bagaimana. Simak sampai habis, ya!

1.    Selalu terbuka pada banyak hal

Hal yang pertama Anda lakukan adalah Anda harus terbuka pada banyak hal dan segala kemungkinan yang terjadi dengan bisnis Anda. Awali dengan hal-hal yang mudah terlebih dahulu, jangan terlalu yang berat-berat.

Mencoba untuk selalu terbuka bisa mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi dan cara menyelesaikannya. Serta Anda bisa bayangkan hal-hal yang akan terjadi di masa depan dan coba tuliskan semua ide-ide gila kamu dengan segala kemungkinan yang ada.

2.    Selalu ambil risiko

Untuk Anda yang sering membaca buku kewirausahaan pasti sudah tidak asing membaca saran jangan pernah takut untuk mengambil risiko. Hal tersebut memang benar adanya. Karena bisnis berkembang secara dinamis bukan statis. Tidak selamanya bisnis Anda berjalan stabil dan selalu di atas. Ada masanya bisnis Anda diambang kegagalan.

Jangan pernah terlena dengan zona nyaman. Memang tidak ada salahnya bisnis Anda hanya berkutat pada hal itu-itu saja, namun akibatnya bisnis Anda tidak berkembang malah akan tertinggal jauh dengan kompetitor.

Berada di zona nyaman juga bisa membuat Anda tidak bisa membaca peluang-peluang yang ada. Hal yang akan mungkin terjadi ketika ada suatu masalah di dalam bisnis dan Anda tidak bisa meng-handle masalah tersebut karena terlena dengan zona nyaman. Anda tidak mau kan terjadi seperti itu?

Perubahan ke arah yang lebih baik tidak akan terjadi jika Anda pasif dan takut untuk mencobanya. Keberuntungan dan keajaiban tidak akan datang dengan sendirinya jika kita tidak menjemput. Justru berani ambil risiko dan tantangan akan mendorong kreativitas bisnis Anda untuk tetap terus bertumbuh dan mencari peluang yang menguntungkan.

Ide-ide gila Anda tidak akan bisa Anda dapatkan jika takut untuk mencobanya. Tidak apa-apa ketika Anda berani mencoba lalu gagal, justru Anda bisa belajar dari kegagalan tersebut.

3.    Bergabung dengan komunitas bisnis

Tidak ada salahnya, lho, Anda berteman dengan kompetitor melalui komunitas bisnis. Menurut data, ada sekitar delapan juta pelaku bisnis yang tentunya beberapa dari mereka bergabung dengan komunitas dari berbagai sektor ekonomi kreatif atau sektor bisnis. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut.

Ide-ide kreatif tidak bisa Anda dapatkan jika Anda hanya berdiam diri saja tanpa melakukan action apa pun. Bergabung dengan komunitas bisa memicu kreativitas bisnis Anda karena bergaul dengan orang-orang kreatif. Masuk dalam komunitas bisnis tertentu juga menambah jaringan Anda. Anda bisa menggunakannya untuk meluas ekspansi pasar, permodalan atau pun bekerja sama.

Anda juga bisa belajar dari pengusaha lain tentang bagaimana cara memosisikan diri sebagai konsumen, cara mengatasi penjualan menurun, dan juga bisa mendapatkan beberapa informasi bisnis dari kawan lainnya.

4.     Meluaskan ilmu pengetahuan

Tahukah Anda, setiap ide yang muncul di pikiran merupakan hasil gabungan konsep yang pernah Anda tahu sebelumnya. Maka dari itu, penting bagi Anda memperluas pengetahuan untuk memunculkan ide-ide gila di dalam kepala Anda. Karena semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, maka semakin banyak Anda bisa menghasilkan ide-ide yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Jika Anda mampu berpikir kreatif, Anda akan lebih mudah membaca situasi dan peluang-peluang yang bagus.

5.    Jangan takut untuk ber-eksperimen

Memunculkan ide kreatif bisa Anda lakukan dengan cara terus ber-eksperimen. Teruslah untuk membuat sesuatu hal yang baru dengan ide Anda sendiri dan jangan pernah takut gagal. Produk-produk bisnis lain yang sekarang terkenal tentunya hasil dari ber-eksperimen dan gagal berkali-kali bahkan mungkin sampai ratusan kali. Tidak ada bisnis yang sukses hanya semalam, pasti membutuhkan waktu lama dan konsisten yang tinggi untuk menemukan formula-formula kesuksesan.

6.    Selalu catat setiap ada yang ide muncul

Anda tidak bisa menahan dan memprediksi ide-ide yang muncul secara spontan. Bisa saja, ide Anda muncul saat naik kendaraan, berbelanja, berantai atau pun melamun. Ide bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, Anda perlu selalu menyiapkan catatan kecil untuk mencatat ide Anda. Anda tentu tidak ingin menyia-nyiakan ide yang muncul dan jika didiamkan lama-lama akan lupa. Meskipun ide tersebut merupakan ide yang abstrak dan berantakan tetap ditulis. Ide tersebut berguna jika Anda tiba-tiba muncul masalah di dalam bisnis, penjualan menurun dan produk yang tidak laku.

Anda bisa merealisasikan ide tersebut ke masalah-masalah yang ada dikemudian hari. Salah satu cara agar bisnis Anda bertahan adalah dengan mengembangkan sisi kreativitas bisnis di dalam diri Anda. Memang tidak mudah untuk mengaplikasikannya, Anda bisa mengikuti cara-cara pengimplementasian di atas.

 Penulis : Agriqisthi
Dosen Muda Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Andalas

Keyword: kreativitas bisnis

Referensi:

https://zilingotrade.id/id/blog/BLGCREATIEVEBUSINESS

https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/cara-mendorong-kreativitas-dalam-berbisnis-