Budiman Sudjatmiko Dipecat PDIP, Surat Dikirim Pakai Kurir

JAKARTA, EKSPRESNEWS.COM – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP secara resmi telah memecat salah satu kader tersohornya, Budiman Sudjatmiko. Hal ini dikonfirmasi PDIP bahwa pemecatan Budiman disahkan melalui surat yang ditandatangani Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal, Hasto Kristiyanto.

Salah satu politikus PDIP, Deddy Sitorus membenarkan informasi pemecatan eks aktivis 98 tersebut. Dia mengatakan surat pemecatan Budiman dikirim menggunakan jasa kurir.

“Yang saya dengar sudah (Budiman dipecat), Kamis siang tadi suratnya sudah dikirim lewat jasa kurir,” ujar Deddy kepada wartawan, Jumat (25/8/2023).

Lebih lanjut, Keputusan pemecatan tersebut juga dibenarkan oleh Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun. Ia mengakui jika keputusan itu berdasarkan atas rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh pihaknya.

“Sidang Komite Disiplin sudah mengeluarkan rekomendasi kepada DPP sejak Hari Senin,” kata Komar.

Sebelumnya diberitakan, beredar sebuah surat keputusan DPP PDIP terkait pemecatan Budiman Sudjatmiko. Surat yang ditandatangani Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum dan Hasto Kristiyanto selaku Sekjen telah ditetapkan pada 24 Agustus 2023.

“Memutuskan: satu, memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. budiman Sudjatmiko, M.A. M.Phil, dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” tulis Surat keputusan tersebut. (Red)