BPD Abujapi Jateng Gelar Sertifikasi Uji Kompetensi Profesi Satpam Kualifikasi Gada Utama

0

Semarang, EkspresNews.com – Badan Pimpinan Daerah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesi (BPD ABUJAPI) prov Jateng bersinergi dengan LSP2P Polri menggelar Sertifikasi Uji Kompetensi Profesi Satpam Kualifikasi Gada Utama bertempat di Hotel Pesona Lantai 9, Minggu (29/8/2021)

Kegiatan tersebut diikuti 67 Manager Perusahaan BUJP se-Jateng berlangsung selama tiga hari minggu – selasa, 29 – 31 agustus 2021.

Ketua BPD Abujapi Prov Jateng, Agus Wijanarko mengatakan ” Kegiatan ini merupakan program kerja kami dari BPD Abujapi Jateng dalam rangka memberikan kompetensi dan legalisasi sertifikasi yang diberikan oleh BNSP nantinya.

Setelah keluar Perkap no 4/2020 kedepannya seorang satpam begitu digada pratama,gada madya maupun gada utama agus menerangkan bahwa saptam merupakan sebuah profesi dan harapan kita akan lebih dimuliakan,” ucapnya.

” ini merupakan tahapan didalam mencapai hasil tersebut salah satunya ialah mereka harus mempunyai sertifikasi uji kompetensi dan untuk tahap pertama. di Jateng ini kita selenggarakan dengan jumlah peserta 67 orang yang merupakan manager perusahaan dimasing masing BUJP daerahnya.

Untuk gada utama mestinya ada 420 orang peserta, namun kita ikutkan 67 nantinya akan kita jadwalkan untuk tahap tahap berikutnya lagi,” ujar Agus

Menurutnya belum lama ini sudah menyelenggarakan untuk gada pratama dengan peserta 280, mei 2021 kemarin kita bagi tiga tempat, yang pertama di BLKI Semarang, kedua diPusdik Satpam Purworejo, lalu ketiga di Klaten, ini itu semua merupakan anggaran DIPA Polri, jadi semuanya gratis.

Lebih lanjut Agus memaparkan untuk yang sekarang ini merupakan program mandiri. pesertanya yang ini adalah direktur perusahaan BUJP yang ada diwilayah Jateng, “mereka untuk tingkat manager dan supervisor ikutnya gada utama. Ini adalah tahap 1untuk pimpinan BUJP diwilayah Jawa Tengah.

Kedepan kami berharap setelah di uji kompetensi ini semua yang sudah memiliki sertifikasi akan mendapatkan remonerasi gaji sesuai dengan sebuah profesi satpam. Karena selama ini mereka masih dipandang sebelah mata, gaji masih UMK, setelah mempunyai legalisasi dan setelah struktur upah segala upah selesai digodog sebentar lagi akan segera terealisasi,” terang Agus.

Agus mengaku dirinya membawahi 220 Perusahaan BUJP dengan jumlah anggota Satpam hampir 150 ribu baik yang sifatnya oursorching ataupun BUJP penyelenggara Diklat pelatihan.

Sementara Dir LSPP2 POLRI Irjen.Pol.(P) Kamil Rozak menerangkan amanat UU no 2/2002 tentang pamswakarsa salah satu didalamnya adalah satpam. Tidak mungkin memberikan sertifikasi kompetensi itu oleh seluruh anggota Polri karena jumlahnya terbatas.

Sementara anggota Purna Polri yang sudah menjadi asesor dan master master asesor sudah mencapai 100 orang.

” Kami membantu tugas Polri untuk mensertifikasi seluruh security diIndonesia. Jumlah security diIndonesia mencapai 6 juta orang.Tahun lalu LSP2PP Polri sudah mensertifikasi gada pratama sebanyak 1800 orang,” Terangnya.

Lebih lanjut Kamil mengaku bahwa kita merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari BNSP. LSP manapun dibentuk tanpa referensi dari BNSP itu tidak akan bisa melaksanakan sertifikasi kompetensi.

Dasar hukumnya UU no 13/2003 tentang ketenagakerjaan. Dalam pasal 11 menyatakan setiap warga negara, tenaga kerja maupun pegawai negeri wajib hukumnya untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi,” pungkasnya.

( Taufiq )

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.