BNPB Serahkan Bantuan Tahap Kedua Penanggulangan Erupsi Gunung Marapi

BNPB Serahkan Bantuan Tahap Kedua Penanggulangan Erupsi Gunung Marapi

TANAH DATAR, EKSPRESNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar kembali menerima bantuan penanggulangan erupsi Gunung Marapi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bantuan tahap kedua ini diserahkan secara simbolis oleh Tenaga Ahli Kepala BNPB Kombespol Dadiyo kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra di Indojolito Batusangkar, Senin (15/1/2024).

Bantuan tahap kedua yang diberikan berupa Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp250 juta, 3 set tenda pengungsi, 300 paket makanan siap saji, beserta paket sembako, selimut, matras, paket hygine kita dan 3 unit mesin genset.

Bupati Eka Putra menyampaikan terima kasih atas bantuan dari BNPB yang cepat kepada Pemda Tanah Datar untuk menanggulangi erupsi Gunung Marapi yang terjadi. “Atas nama Pemerintah Daerah, Saya menyampaikan terima kasih atas bantuan tahap kedua ini. Ini merupakan hasil perjuangan kita semua saat kunjungan ke BNPB beberapa hari lalu,” kata Eka Putra.

Dikatakan Bupati lagi, bantuan yang diberikan sangat penting artinya, karena bisa membantu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Marapi, terutama bagi mereka yang mengungsi. “Alhamdulillah, bantuan tahap kedua ini cukup banyak, sehingga bisa dimanfaatkan kepada masyarakat kami yang terdampak erupsi Gunung Marapi. Semoga apa yang diberikan ini menjadi amal dan ibadah bagi bapak dan kita semua,” ujar Eka.

Pihaknya juga menyampaikan kondisi lahan pertanian masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Marapi, karena saat ini banyak yang gagal panen. “Ada ratusan hektar lahan pertanian masyarakat yang terdampak, saat ini kami juga sedang menghitung kerugian yang dialami warga, nanti akan kita bantu juga melalui dana BLT, semoga ada juga bantuan untuk ini dari BNPB,” katanya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Kepala BNPB Kombespol Dadiyo didampingi Kasubdit Pemulihan Sarana Yustam Syahril mengatakan, bantuan yang diserahkan memang berkat perjuangan Bupati Eka Putra bersama rombongan beberapa hari lalu. “Jujur, saya kagum perjuangan pak Eka, betapa tidak beliau begitu gigih untuk menjemput bantuan ke BNPB, bahkan bisa dibilang belum mau balik, kalau belum dapat bantuan. Hal inilah patut diapresiasi, dan tentunya kita juga harus bergerak cepat,” ujarnya.

Disampaikan Dadiyo, bantuan berupa uang, selimut, makanan siap saji, genset, sembako, selimut dan beberapa lainnya diharapkan akan mampu membantu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Marapi. (NTR)