Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna Bahas Konsep Dasar Penanggulangan Bencana

0

PADANG, EKSPRESNEWS.COM – Bimbingan Teknis (Bimtek) Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) angkatan VI, Rabu 22 September 2021 membahas konsep dasar penanggulangan bencana.

Narasumber dari Pusdiklat PB Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr Marlina Adisty MSi menjelaskan konsep bencana secara luas kepada 115 peserta di Basko Hotel Padang. “Bencana itu adalah gangguan terhadap keberfungsian masyarakat yang menyebabkan kerugian hingga meluas,” ungkapnya.

Selain itu, Marlina Adisty juga menjelaskan perbedaan ancaman dan kerentaan. Dalam paparannya, alumni Universitas Padjajajaran ini juga mengajak peserta memahami bagaimana memanajemen pasca bencana. “Kegiatan di pasca bencana itu ada dua dan perlu dipahami betapa pentingnya sehingga bagaimana orang memaknai bencana,” tuturnya.

Sementara itu, Analis Kerusakan Fisik dan Bangunan BNPB Restu Martani menjelaskan bahwa Jitu Pasna diatur dalam Peraturan BNPB nomor 5 tahun 2017. “Ruang lingkupnya ada tentang penilaian akibat bencana, analisis dampak bencana, serta perkiraan kebutuhan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Restu Martani menyampaikan bahwa tim jitu pasna akan melakukan penghitungan secara cepat dan tepat. “Jitu Pasna ini mencakup sektor perumahan, infrastruktur, ekonomi, sosial, dan lintas sektor,” tuturnya. (Abdi)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.