Bertemu Pansel Capim KPK, Alexander Marwata Sampaikan Sosok

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata menyatakan pihaknya telah menyampaikan kriteria sosok yang dibutuhkan untuk memimpin Lembaga Antirasuah mendatang.

Hal itu Alex sampaikan saat menerima audiensi panitia seleksi (pansel) calon pimpinan (capim) KPK di Gedung Merah Putih KPK.

“Hadir di KPK tadi kami sudah temui, berdiskusi pada intinya pansel ingin pandangan dari pimpinan KPK terkait bagaimana atau sosok seperti apa yang dibutuhkan oleh KPK untuk menjadi pimpinan ke depan,” kata Alex saat konferensi pers seusai audiensi tersebut, Rabu (12/6/2024).

Bukan hanya kriteria, Alex menyebutkan pihaknya pun menyampaikan bagaimana harapan pimpinan saat ini terhadap pemimpin KPK untuk lima tahun mendatang.

“Itu semua sudah kami sampaikan ke pansel dan sudah menjadi catatan dan akan diperhatikan pansel dalam memilih pimpinan KPK seperti apa sosoknya sudah dicatat semuanya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK, Muhammad Yusuf Ateh menyatakan dalam pertemuan tersebut semua pimpinan hadir.

“Banyak sekali informasi yang disampaikan tadi tentang kelembagaan KPK, sosok yang diharapkan, kesulitan-kesulitan, kekurangan-kekurangan, dan kelebihan-kelwbihan yang menjadi pengalaman beliau-beliau ini selama periode ini, sudah kami catat semua, kami masukkan sebagai profile assessment dari calon-calon,” kata Ateh. (*)