Bacakades Sirilogui Yang Memenuhi Syarat Pendaftaran Hanya Satu Orang

0

Mentawai, EkspresNews.com – Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Sirilogui Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai, telah mengumumkan hasil penelitian persyaratan pendaftaran bakal calon kepala desa (Bacakades) pada tanggal 28 April 2021 lalu.

Dari hasil penelitian persyaratan pendaftaran, hanya satu Bacakades yang dinilai memenuhi syarat oleh P2KD Sirilogui.

Hal itu dibenarkan Anggota P2KD Sirilogui, Andrianus Sakoipia saat dimintai keterangan melalui handphone seluler miliknya Selasa, (4/5/2021).

“Sesuai hasil verifikasi dukumen, hanya satu yang memenuhi syarat pendaftaran. Dan besok kita akan menyelesaikan sanggahan dari Bacakades yang keberatan dari hasil penelitian persyaratan tersebut. Tapi apabila Bacakades masih juga tunggal hingga pada penetapan tanggal 31 Mei mendatang, berkemungkinan saja pendaftaran akan diperpanjang. Tapi tentu hal ini kita lakukan sesuai dengan aturan yang ada,” jelasnya.

Ia mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran pada Senin (5/4/2021) lalu, terdapat tujuh Bacakades yang mendaftar.

Tujuh bacakades tersebut yakni Timon S, Simon Siriparang, Herlin Roiko, Linton Harten, Benediktus, Arijal dan Yulianto.

Lebih lanjut ia menuturkan Bacakades Sirilogui yang dinyatakan lolos verifikasi dokumen yakni Herlin Roiko. Sementara enam Bacakades lainnya tidak memenuhi syarat pendaftaran.

“Yang memenuhi persyaratan pendaftaran itu atas nama Herlin Roiko” ujarnya.

Sementara enam Bacakades lainnya terbentur dengan dokumen yang tidak lengkap, seperti pengajuan surat keterangan pengunduran diri dari partai politik dilengkapi Bacakades bersangkutan setelah tahapan pendaftaran selesai, penulisan nama dan tanggal lahir yang tidak sesuai serta foto copy ijazah tidak jelas.

“Ada beberapa dokumen dari enam Bacakades yang tidak lengkap. Seperti SK pengunduran diri dari parpol diserahkan saat waktu tahapan telah selesai, kemudian penulisan nama dan tanggal lahir tidak sesuai dan ada foto copy ijazah tidak jelas, jadi sidik jari dalam ijazah tersebut tidak kelihatan” tutupnya.

Seperti diketahui, tahun ini ada sebanyak 31 Desa melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. (N)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.