Awal Masuk Sekolah SMA Negeri 4 Semarang Gelar Halal Bi Halal 2022

SEMARANG, EKSPESNEWS.COM – Halal bihalal merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan sesudah hari lebaran baik di kalangan instansi pemerintah, perusahaan dan dunia pendidikan. Kegiatan ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang unik dan tetap dipertahankan serta dilestarikan.

Meski Hari Raya Idul Fitri 1443 H sudah berlalu tapi nuansanya masih terasa. Biasanya dalam setiap perayaan Idul Fitri, terdapat berbagai macam tradisi yang selalu dilakukan umat muslim di Tanah Air. Salah satunya ialah tradisi halal bihalal yang selalu melekat usai perayaan Hari Raya Idul Fitri berakhir.

Usai libur Idul Fitri selama delapan hari sejak 29 april hingga 6 mei 2022 bagi Instansi Pemerintah, Perusahaan maupun dunia pendidikan mulai 9 mei 2022 semuanya sudah mulai melakukan aktifitasnya, salah satunya bagi dunia pendidikan.

SMA Negeri 4 Semarang mengawali kegiatan perdananya masuk sekolah dengan menggelar apel dilapangan sepak bola sekolah dijalan karangrejo raya 12A Kel. Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang , Senin (9/5/2022), sekaligus melakukan halal bi halal antara guru dengan seluruh siswa.

Kegiatan halal bi halal kembali dilaksanakan dimana sebelumnya sempat vakum selama dua tahun karena pandemi covid 19.

Kepala SMA Negeri 4 Semarang yang baru saja purna tugas Dra.Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd saat memberikan sambutan sekaligus berpamitan kepada para peserta didiknya saat apel pagi bertempat dilapangan sepak dalam rangka halal bi halal menuturkan,” Kami per 1 mei 2022 memasuki masa pensiun dan bertugas di SMA Negeri 4 Semarang sudah 5 tahun 7 bulan.

Oleh karenanya ini adalah waktu yang sangat tepat. Tepatnya 1 september 2016 kami hadir di SMA Negeri 4 Semarang berdasarkan SK Walikota Semarang, H. Hendrar Prihadi,SE.MM ketika itu SMA masih kewenangan Pemkot Semarang.

Kemudian april 2017 menerima SK dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo karena kewenangan SMA berada dikewenangan Provinsi Jawa Tengah,” ucapnya.

Tidak terasa kebersamaan yang sangat indah karena inilah yang menjadi kekuatan SMA Negeri 4 Semarang menjadi sekolah yang hebat,” tutur Eny.

Dirinya mengaku sebelumnya alih tugas dari SMA Negeri 14 Semarang. Semua komponen SMA Negeri 4 Semarang merupakan titik pembelajaran untuk meningkatkan dan menambah kemampuan bagiamana menjadikan SMA Negeri 4 Semarang menjadi sekolah yang baik, lebih baik dan berprestasi.

Seluruh siswa siswi adalah salah satu komponen. Keberhasilan serta prestasi SMA Negeri 4 Semarang berada dipundak kalian serta ditangan bapak ibu guru yang hebat hebat,” papar Eny.

Dia berharap terus semangat untuk menjadikan SMA Negeri 4 Semarang menjadi sekolah yang hebat dan berprestasi. Kami mengucapkan terima kasih pada seluruh siswa yang telah menorehkan prestasi di SMA Negeri 4 Semarang, ” Ini adalah motivasi untuk kalian semua,” tegasnya.

Oleh karenanya janganlah pantang menyerah tetap tangguh dan mandiri.Untuk memacu para siswa adalah prestasi akademik maupun non akademik,” imbuh Eny.

Lebih lanjut Eny mengungkapkan, ” Untuk SNMPTN dikota Semarang, SMA Negeri 4 menduduki peringkat ketiga. Hasil UTBK tahun lalu SMA Negeri 4 Semarang berada di peringkat 5 dikota Semarang,” ini raihan prestasi yang luar biasa,” tandasnya.

Eny menambahkan ditingkat Provinsi Jawa Tengah SMA Negeri 4 Semarang menduduki peringkat 17 dari sekian ratus sekolah. Untuk tingkat nasional meraih peringkat 117 dari sekian ribu sekolah. ” Ini hasil kerja keras kita bersama agar raihan raihan prestasi tetap kita torehkan, dan ini merupakan sejarah bagi SMA Negeri 4 Semarang,” imbuhnya

Lebuh lanjut Eny berharap kepada seluruh siswa semuanya untuk menjaganya. Adiwiyata sekolah kita sudah sampai ke tingkat nasional ditambah green school sudah nasional. oleh karena itu jangan sampai kendor, tetap semangat untuk meraih prestasi,” pesannya.

Sementara Plt Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Drs.Agus Budi Purwaka, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H mengajak untuk saling memaafkan satu sama lain mudah mudahan kita semua menjadi orang yang fitri, menjadi manusia yang sangat kecil dosa dosanya karena kita sudah digodok dikawah candra dimuka dengan menjalankan puasa selama satu bulan,” terangnya.

Saya sebagai pelaksana tugas, sebagai pengganti sementara ketika Kepala Sekolah yang definitif belum ada.

Maka saat ini saya memperkenalkan diri nama Agus Budi Purwaka dimana sebelumnya bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Demak, kemudian per 14 januari 2022 dipindahkan ke SMA Negeri 9 Semarang. Berhubung Ibu Eny sudah memasuki masa pensiun maka diminta merangkap sebagai Plt Kepala SMA Negeri 4 Semarang tercinta ini,” ujar Agus.

Saya akan menyesuaikan diri terlebih dahulu melihat situasi dan kondisi. Yang ada potensi dimiliki SMA Negeri 4 Semarang baru saya bisa menjalankan strategi apa yang dipergunakan untuk lebih meningkatkan, mengembangkan potensi yang dimiliki oleh SMA Negeri 4 Semarang.

Mudah mudahan bersama siswa siswi semua saya bisa berkolaborasi untuk meningkatkan prestasi baik akademis maupun non akademis SMA Negeri 4 Semarang,” pungkas Agus.

Usai perkenalan Plt Kepala SMA Negeri 4 Semarang yang baru Drs. Agus Budi Purwaka,M.Pd menggantikan Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd yang telah memasuki masa pensiun, dilanjutkan acara halal bi halal dengan seluruh peserta didik berjabat tangan saling maaf memaafkan namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. (Taufiq)