Anak-Anak TBM Sahabat Bukit Tui Berlatih Bersama Doktor Teater ISI Padang Panjang

0

EkspresNews.com – Anak-anak di Kaki Bukit Tui sedang berlatih pernafasan sebagai dasar dalam teatrikal. Pernafasan yang baik akan mendukung pemain untuk bisa memerankan karakter dengan baik dan sempurna.

Bertempat di TBM Sahabat Bukit Tui – Kelurahan Koto Panjang, dengan menghadirkan pelatih yang berkompeten di bidang teater, Dr. Sulaiman Juned, M.Sn, seorang Doktor di bidang teater dari ISI Padang Panjang, Sabtu (24/10).

Adoen, panggilan akrab Dr. Sulaeman Juned, mengungkapkan bahwa saat ini generasi teater Indonesia akan ada di tangan mereka. Tentu harus ada pelatihan khusus untuk mereka sehingga nilai pertunjukan disebuah teater terasa lebih bermakna.

Hari ketiga beliau melatih pernapasan dan tubuh anak-anak Sahabat Bukit Tui ini. Dengan cara berlari mengelilingi lapangan kecil sambil berteriak, anak- anak sangat antusias mengikuti semua arahan Adoen.

“Dalam pementasan teater, diperlukan aktor yang memiliki vokal yang baik. Memiliki vokal yang baik bisa dilatih dengan latihan pernapasan. Pernapasan dalam teater juga akan membantu aktor tersebut untuk mengatakan dialog dengan jelas dan lancar. Bisa dibayangkan, apabila aktor tidak memiliki kemampuan pernapasan yang baik, maka akan berpengaruh terhadap kualitas pementasan teater tersebut, ” Kata Ketua Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang ini.

Peserta kegiatan semakin semangat tatkala dihadiri oleh Lurah Koto Panjang, Bapak Icip Hariyanto, S. Th. I, Sekretaris FTBM Kota Padang Panjang, Januar Efendi.

Lurah Icip Hariyanto berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dan pihaknya atas nama Kelurahan siap bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan demi menumbuhkembangkan minat serta bakat anak-anak dalam proses pencarian jati diri seperti ini.

“Sebagai pihak kelurahan kita akan terus memberikan pelayanan yang tepat terhadap kegiatan yang memupuk karakteristik anak-anak disini. Kita dengan LPM, Karang Taruna akan terus mengupayakan agar kegiatan ini tidak terputus sampai beberapa hari ini saja. Tentu dengan dukungan masyarakat dan pemerintahan apapun program bisa dilaksanakan. Kuncinya hanya satu komunikasi yang baik antar lini akan memudahkan segala urusan dan kegiatan kita, ” Ungkapan Lurah yang murah senyum ini.

“Terimakasih kepada pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota yang telah memfasilitasi sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik. Kepada pengurus TBM Sahabat Bukit tui kami juga ucapkan terimakasih karena selama ini telah membantu pihak kelurahan dalam membangun krakteristik anak-anak melalui kegiatan-kegiatan disini, ” tutupnya. (*)

Jurnalisme Warga : Fitra D Pratiwi

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.