Aliansi Mahasiswa Solok Mengabdi Di Daerah Tanpa Sinyal Dan Tanpa Aspal

EkspresNews.com – Aliansi Mahasiswa Solok (AMS) membuat suatu program pengabdian kepada masyarakat, tepatnya di daerah tanpa aspal yang indah dan tentram yang tak dikenal banyak oleh masyarakat umum, Jorong Kapujan, Nagari Ranking Huluih, Kabupaten Solok, dari Tanggal 10 sampai 14 Juli 2021.

Pembukaan kegiatan ini langsung dihadiri oleh Wakil ketua DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir S, Farm, Wali Nagari Ranking Huluih, Abu Tasar S, Sos, Kepala Jorong Kapujan, Darman, Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Solok, Anggra Islami Dasya, dan tokoh-tokoh masyarakat yang berada di daerah kapujan tersebut.

“Kegiatan pengabdian ini di angkatkan oleh Aliansi Mahasiswa Solok se indonesia atau biasa disingkat AMS yang Bertujuan untuk mendevelop/mengembangkan suatu daerah yang masih terbilang tertinggal daripada daerah lainnya di kabupaten solok berdasarkan kebutuhan yang telah dikaji berdasarkan observasi,” ujar Anggra.

AMS Mengabdi melakukan pengabdian di beberapa bidang yakninya Pendidikan,Kesehatan,Sosial dan Kewirausahaan , dan AMS tetapkan bahwa pendidikan menjadi fokus utama dalam pengabdian masyarakat ini. Dibidang pendidikan AMS turunkan menjadi dua program utama yang menjadi program andalan pengabdian ams ini.

program pertama mengajar, mengincar anak-anak Sekolah Dasar daerah ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan potensi jorong kapujan ini, apa yang akan kami tingkatkan pasti jadi pertanyaan berikutnya 1. Motivasi pendidikan, minat baca dan pengembangan karakter (hal ini salah satu faktor yang menjadi masalah di daerah ini) salah satunya kualitas pendidikan yang dilevel masih belum signifikan.

Program kedua membangun perpustakaan. perpustakaan ini bertujuan untuk memfasilitasi anak-anak maupun umum untuk meningkatkan minat baca terutama tingkat literasi penduduk kapujan ini. Para mahasiswa asal Solok berusaha menyumbang buku, yang kemudian diarsipkan,kemudian disosialisasikan kepada masyarakat sekitar, dan diharapkan perpustakaan ini bsa jadi pusat perpusatakaan desa.

Selanjutnya di bidang Sosial , dibidang sosial kami membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di jorong kapujan , dan juga kami membuat bak Sampah untuk tempat pembuangan sampah dan pembakaran sampah masyarakat jorong kapujan, di bidang kesehatan, AMS berencana memberikan konsultasi kesehatan gratis untuk masyarakat dan penyuluhan tentang kesehatan dari mahasiswa-mahasiswa kesehatan. Dan terakhir di bidang kewirausahaan yaitu menganalisis potensi daerah dan membantu mempromosikan dan mempublikasikan kerajinan atau potensi2 lainnya di daerah kapujan. Harapannya setelah pengabdian ini kami membawa perubahan untuk jorong kapujan (10/7).

“Alhamdulillah saya bisa hadir dalam rangka adek-adek mahasiswa dalam acara pengabdian masyarakat di Kapujan ini, dan ini mengingatkan saya terhadap masa” KKN saya dimasa masih kuliah di Universitas Andalas, Dalam rangka pengabdian masyarakat ada dua kemanfaatan, dan barangkali kemanfaatan untuk masyarakat terkhusus jorong Kapujan ini,” ujar Ivoni Munir.

“Harapan kami ialah agar jalan di jorong Kapujan ini bisa diaspal dan mampu membuat kenyamanan bagi kami, dan saya meminta maaf jikalau sedikitnya masyarakat yang datang ke masjid ini dikarenakan masyarakat kami Memang sedang bekerja di kebun nya masing” dan kesibukan lainya”, saut Wali Nagari Ranking Huluih, (11/7).

“Untuk mewujudkan program-program tersebut diperlukan suatu usaha, niat, dan tekat yang kuat upaya untuk menyukseskan suatu kegiatan tersebut yang konkrit dan inovatif dari masyarakat dan pemerintah nagari rangkiang huluih tutur Anggra, Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Solok. (Alda)