5 Manfaat Sehat Ngopi Pagi Yang Akan Kamu Rasakan

Editors choice
0

JAKARTA, EKSPRESNEWS.COM – Kopi tak hanya memberikan manfaat sehat secara keseluruhan, tapi konsumsinya pada waktu waktu tertentu (pagi) juga mendatangkan manfaat luar biasa. Ini 5 manfaatnya!

Sebagian orang mungkin menikmati kopi di pagi hari. Tetapi sebagian lainnya mungkin tidak karena takut mendatangkan efek bagi perut mereka.

Namun nyatanya, minum kopi di pagi hari lebih banyak mendatangkan manfaat bagi tubuh. Salah satunya membantu dalam hal mendorong energi di pagi hari sehingga kita bisa lebih semangat dalam menjalankan aktivitas.

1. Kopi Menjadi Pendorong Energi Harian

Beberapa orang yang menyukai minum kopi di pagi hari, mungkin sudah tah khasiat satu ini. Faktanya, beberapa penelitian juga mengkonfirmasi apa yang dirasakan oleh kebanyakan orang, bahwa minum kopi memang akan membuatmu lebih terjaga dan waspada. Ini karena ada dorongan kafein dari kopi yang akan membuat tubuh lebih semangat.

Melansir health.qld.gov.au, efek dari kafein pada kopi bisa terasa 5 hingga 30 menit setelah kita meminumnya. Sementara efeknya itu bisa tahan selama 12 jam.

Pantas saja banyak orang mengatakan bahwa mereka tidak bisa memulai kerja tanpa minum kopi terlebih dahulu. Ternyata inilah alasannya.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Sebelum memulai aktivitas seharian, tentunya kita harus menyiapkan diri mulai dari menyiapkan energi hingga kemampuan otak untuk berpikir jernih.

Itu karena, dalam sehari bisa saja energi dan fungsi otak akan berkurang. Karenanya kedua hal ini harus disiapkan dengan baik.

Salah satu caranya dengan minum kopi. Kopi mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak.

Seperti penelitian yang menemukan bahwa minum kopi setiap hari dapat membantu melindungi otak dari penurunan fungsi terkait usia.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dapat membantu meningkatkan rentang perhatian dan konsentrasi. Dalam artian, hal tersebut akan membantu kita menjadi lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Penelitian lain juga menunjukkan hasil dimana kopi dapat meningkatkan memori jangka pendek dan mencegah penurunan kognitif.

Namun manfaat kopi terhadap fungsi otak tersebut ternyata juga memiliki dampak buruk. Sebuah studi skala besar yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kopi sebenarnya dapat memperlambat proses mental seseorang.

3. Meningkatkan Stabilitas dan Keseimbangan

Minum kopi di pagi hari juga bisa memberikan manfaat terhadap stabilitas dan keseimbangan seseorang. Namun stabilitas di sini lebih kepada kesehatan mental.

Kandungan kafein pada kopi memang dikenal mampu memberikan ketenangan ketika seseorang sedang merasa cemas atau stress. Terlebih, kafein pada kopi juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Dengan meminum secangkir kopi di pagi hari, itu akan berguna untuk membuat pikiran tetap fokus dan stabil terhadap pekerjaan yang akan dilakukan.

4. Memudahkan Penurunan Berat Badan

Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya konsumsi kopi sebagai menu sarapan.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kafein saat diet, akan mengalami peningkatan energi, yang pada gilirannya sekaligus mengurangi rasa lapar.

Institut Penelitian Medis Australia juga menemukan bahwa kopi dapat membantu mengurangi berat badan, tetapi bisa juga menambah berat badan.

Misalnya jika memang seseorang itu sudah kelebihan berat badan, dan mengonsumsi kopi 5 cangkir sehari, tentu ini bisa lebih berbahaya.

Oleh karenanya, penting untuk diingat bahwa kopi memang bisa membantu menurunkan berat badan. Tetapi tidak menutup kemungkinan, ada dampak negatif kafein jika kita mengonsumsinya dalam kondisi yang tidak tepat.

5. Mampu Melindungi Jantung

Minum kopi di pagi hari juga sering dikaitkan dengan kemampuannya untuk melindungi jantung serta menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi yang dilaporkan oleh situs NIH.gov menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi memiliki tekanan darah lebih rendah daripada mereka yang tidak minum kafein.

Tinjauan studi klinis juga menemukan bahwa kopi dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit arteri koroner.

Para ahli percaya bahwa dengan minum kopi, kafein di dalamnya dapat bekerja menurunkan volume dalam darah. Kondisi ini tentu bisa membantu melindungi organ jantung dari kerusakan. (Red)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.