Ketua DPRD Dharmasraya Minta Walinagari Data Kerugian Longsor

0

EkspresNews.com – Tingginya curah hujan beberapa hari belakangan ini menyebabkan longsor di sejumlah titik di Nagari Banai, Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya.

Titik longsor terparah terjadi di Jorong Buga, menyebabkan badan jalan rigit beton terimbun material, dan mengganggu akses transportasi dari Jorong Padang Hilalang ke kantor pemerintahan Nagari, Kecamatan hingga ke Pulau Punjung, pusat ekonomi dan pemerintahan Kabupaten Dharmasraya.

Longsor ini juga mengganggu aktifitas ekonomi warga setempat, dimana pasokan komiditi, terutama hasil pertanian terhalang keluar. Demikian juga kebutuhan yang didatangkan dari luar tidak dapat di distribusikan khususnya ke Jorong Padang Hilalang.

Menyikapi informasi tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Pariyanto, SH langsung menuju lokasi. Peninjauan ini turut didampingi dua Anggota DPRD lainnya Rogi Aliyas Can dan Ardison. Selain itu turut hadir Wali Nagari Banai, Babinsa, dan perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dengan dua unit alat berat yang langsung dikerahkan.

Pariyanto dalam kesempatan itu meminta dinas terkait untuk segera membersihkan jalan dari material longsor agar aktifitas warga kembali berjalan normal. Selain itu ia menyarankan Pemerintah Nagari setempat segera membuat laporan kepada pemerintah kecamatan agar dampak kerugian dapat segera ditangani Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

“Kami sarankan Pak Wali Nagari, agar segera mendata dampak kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan musibah ini,” kata Pariyanto, Senin (19/4/2020).

Selain itu, mengingat Kecamatan Sembilan Koto merupakan wilayah rawan longsor, dan kejadian serupa sudah terjadi dalam beberapa bulan belakangan, Pariyanto mengunggah kesadaran warga untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Kami dari DPRD berharap, selain disikapi dengan tindakan praktis dari Pemerintah Daerah, juga diimbangi kesadaran kita semua untuk menjaga kelestarian alam, agar kejadian bencana dapat diminimalisir,” tutup Pariyanto.

Sementara itu Wali Nagari Banai, Randi Elwarman, mengucapkan terimakasih kepada Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya atas aksi cepat tanggap bencana yang terjadi di wilayahnya.

Ia berharap dengan adanya tinjauan Pariyanto beserta dua anggota dewan lainnya, dapat meningkatkan perhatian Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk menyelesaikan dampak bencana ini. (Red/Abdi)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.