Formalin Salurkan Bantuan Warga Sawahlunto untuk Korban Banjir Bandang

0

EkspresNew.com – Forum Masyarakat Lintas Generasi (Formalin) Sawahlunto salurkan bantuan dari warga Kota Sawahlunto untuk korban banjir bandang di Kampung Tarandam Bawah, Jorong Pasa Timur, Nagari Pasar Muaro Labuah, Kabupaten Solok Selatan, Rabu (25/12).

Membawa pesan kemanusiaan warga Kota Sawahlunto untuk warga korban banjir Bandang Solok Selatan berupa Beras, pakaian layak pakai, selimut, makanan dan minuman siap saji diterima langsung oleh warga terdampak melalui Komunitas Warga setempat.

Selain logistik Formalin juga menyerah uang tunai senilai Rp14.800.500 kepada ACT yang juga turut hadir bersama formalin dilokasi kejadian . Bantuan uang yang disepkati bersama untuk pembangunan kembali rumah warga yang hancur bahkan ada yang hanyut akibat banjir bandang di Jorong Sawatau, Nagari Persiapan Balun Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solsel, atas kerjasama Formalin dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Perwakilan Sumatera Barat.

Ketua Formalin Kota Sawahlunto Eraflah Bharny mengatakan, berdasarkan pengalaman aksi Formalin selama 4 tahun, kedepannya kita akan mencoba lakukan program-progam terbaik untuk kemanusiaan dan Kota Sawahlunto khususnya.

“Belajar dari 4 tahun aksi, kedepannya Formalin akan mencoba melakukan program-progam terbaik untuk ranah kemanusiaan, apalagi selama ini kerjasama dengan ACT tentu membuahkan hal kreatif dan betmanfaat yang akan kita coba di Kota Sawahlunto sebagai pilot projctnya ” terang Lelaki 45 tahun yang kerap disapa Abi .

Lebih lanjut disampaikan , Formalin berusaha terus intens bergerak di Ranah sosial dan kemanusiaan kedepannya akan mencoba melihatnya dan betmitra dengan Swasta dalam konteks penyandang dana dengan hak audit penuh sebagai bentuk transparansi.

Tak lupa Abi menyampaikan salam dan ucapan terimakasih dari Warga dan Korban Bencana Solsel khusus kepada masyarakat kota sawahlunto”, sebutnya.

menguatkan ketua Formalin , Novita Sary Wakil Ketua menyampaikan mengenai program jangka pendek Formalin dan ACT segera merehab rumah korban banjir Bandang. “In Shaa Allah, kita segera melakukan pembangunan rehab rumah untuk korban di Solok Selatan”, ucapnya.

Sementara Zeng Wellf selaku Branch Manager ACT menyampaikan kepada EkspresNew.com saat di lokasi, ini adalah bantuan yang sangat luar biasa dari saudara-saudara kita di Sawahlunto dari seluruh unsur masyarakat, baik dari pemerintahnya termasuk dari masyarakat kalangan bawah sekalipun yang sudah mengumpulkan donasi yang cukup besar untuk saudara-saudara kita yang tertimpa bencana banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan.

“Khususnya beberapa daerah seperti Sapan di Sungai Kalu dan yang kedua di Balun Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh dan yang ketiga di Kampung Palak dan Kampung Tarandam serta yang keempat ada di Lubuk Ulang Aling. Itu semuanya Solsel, kondisinya sangat luar biasa”, imbuhnya.

Ia menjelaskan, nah kami dari ACT sangat berterimakasih kepada teman-teman dari Formalin yang sudah menyalurkan bantuan untuk saudara-saudara kita di Solsel ini. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat bagi yang menerima dan bernilai ibadah untuk saudara-saudara kita yang memberi bantuan.

“In Shaa Allah, dana-dana yang terkumpul untuk korban banjir bandang di Solsel melalui Formalin dan ACT kita akan realisasikan, implementasikan dalam membangun kemabali rumah semi permanen bagi korban sesuai dengan kesepakatan dengan Formalin Sawahlunto. Karena ada 7 rumah yang terdampak, yang dibawa arus langsung, sekarang mereka tidak tahu tinggal dimana”, tandasnya.
” Dan sekiranya pembangunan beberapa unit nanti selesai , Kami berharap saat Peresmian dan penyerahan Formalin Sawahlunto juga turut dalam prosesi penyerahan “, pungkas ustadz Seng .(Ab1)

Comments

comments

About author