Ciptakan Kinerja Maksimal, Anggota Panwascam Kota Solok Dibekali Bimtek

0

EkspresNews.com – Usai dilantik anggota Panwascam Kota Sokok, yang terdiri dari Panwascam Lubuk Sikarah, dan Tanjung Harapan Kota Solok. Dibekali dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Acara dilaksanakan selama dua hari dari tabggal 23 sampai 24 Desember 2019, bertempat Aula Mami Hotel Kota Solok.

Adapun anggota Panwascam yang nelaksanakan bimtek tersebyt adalah. Untuk lubuk Sikarah diantaranya. Andri Anas, Don Rijal, SH, Nike Gusmala Dewi, A.Md, Kep dan Kec. Tanjung Harapan, Intel Friadi, S.Sos, Nailus Sa’adah, SP dan Rilly Rasiana, S.Pd. acara dilaksanakan setelah melaksanakan pelantikan. Setelah pengucapan janji/Sumpah yg dipimpin oleh Ketua Bawaslu, Anggota Panwascam juga mengucapkan Ikrar di depan seluruh hadirin.

“Usai dilantik, keenam orang tersebut langsung menjalani Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang,”ujar Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, saat Pembukaan bimtek.

Dengan Narasumber bimtek 3 komisioner bawaslu kota solok, tambah 1 satu orang anggota bawaslu provinsi Elly Yanti, SH. Trus tambah korsek bawaslu kota solok Agustin Melta, S.Sos. dan Narasumber lainya Dr. Aerma Depa, SH, MH.

Triati menyatakan, keenam orang anggota Pabwascan Kota Solok yang dilantik tersebut adalah, Andri Anas, Don Rizal dan Nike Gusmala Dewi dari Kecamatan Lubuk Sikarah, serta Intel Friadi, Nailus Sa’adah dan Rilly Rasiana dari Kecamatan Tanjung Harapan.

Mereka ditetapkan setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang, dengan surat bernomor : 39/Bawaslu-Prov.SB.19/KP.01.00/XII/2019, tentang pengumuman anggota Panwascam terpilih. Ketua Bawaslu kota Solok, Triati, meminta Panwascam terpilih untuk melengkapi syarat yang telah ditentukan.

“Semua tahapan seleksi sudah kita lakukan sesuai dengan mekanisme yang ada dan hasilnya juga sudah kita umumkan,” papar Triati.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, S.Pd, menyatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan tingginya antusiasme masyarakat mendaftar sebagai Panwascam untuk Kota Sokok dalam pilkada 2020 nendatang. Tentunya hal ini merupakan bukti bahwa animo masyarakat sangat tinggi untuk menyukseskan Pilkada 2020 mendatang terutama bagi daerah Kota Sokok.

Lebih deteil di sampaikan Triati, sebelumnya untuk tahapan seleksi, pihaknya sangat bersyukur dengan tingginya antusiasme masyarakat mendaftar sebagai anggita Panwascam untuk Kota Sokok dalam pilkada 2020 mendatang. Terlihat sebanyak 66 orang warga kota Solok mendaftar ke Bawaslu kota Solok.

Dari Hasil seleksi dokumen, sebanyak 58 orang dinyatakan lolos. “Tentunya hal ini merupakan bukti bahwa animo masyarakat sangat tinggi untuk menyukseskan Pilkada 2020 mendatang terutama bagi daerah Kota Sokok,”papar Triati.

Kemudian kata Triati, untuk tahapan seleksi tes tertulis dan wawancara, diikuti oleh 56 orang peserta yang dilaksanakan dari 13-17 Desember 2019 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Solok.

Dikatakan dia, sebanyak 58 Calon Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Sokok tersebut yang dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok. “Terdiri dari 36 orang dari Kecamatan Lubuk Sikarah dan 22 orang dari Kecamatan Tanjung Harapan. Mereka menjalani tes tertulis dan wawancara untuk menentukan masing-masing tiga orang Anggota Panwascam dari dua kecamatan di Kota Solok,”urai Triati.

Pihaknya menyukuri, dari 58 calon yang dinyatakan lulus, mereka berasal dari berbagai latar belakang. Seperti guru honorer, pegawai honorer, PNS, wiraswasta, eks mahasiswa, ibu rumah tangga, pengacara, hingga pensiunan.
19/KP.01.00/XII/2019,;jelasnya.

Triati juga menyatakan, proses seleksi Panwascam di dua Kecamatan di Kota Solok telah dilakukan dengan mekanisme dan aturan yang telah ditetapkan. Mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis online dan tes wawancara.

Triati berharap agar semua pihak terkait juga ikut serta dalam meningkatkan pengawasan pemilihan Wali Kota Solok. Karena menurutnya kesuksesan yang telah dicapai oleh lembaganya pada Pemilu 2019, tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak.

“Kedepan kami mengajak kepada semua pihak untuk kembali bersama-sama menyukseskan pengawasan Pemilihan Wali Kota Solok Tahun 2020 nanti, dengan harapan semua tahapan berjalan debgan baik aman dan lancar,; harap Triati.

Pelaksanaan Bimbingan teknis bagi anggota Panwascam Kota Sokok. Adalah sebagai bekal untuk meningkatkan wawasan dan SDM bagi anggota panwascam.

Karena tugas yang diemban adalah sangat berat nantinya. Dengan dibekali bimbingan teknis, kita harapkan semua anggota panwascam dalan bertugas. Agar mengedepankan azas musyawarah dan demokrasi yang profesional dalam melaksanakan tugasnya.

Triati menyatakan, bimbingan teknis yang dilaksanakan, merupakan sebagai bekal bagi mereka dalam melaksanakan tugas kedepanya. Mereka akan di beri berbagai marmteri yang di sampaikan oleh beberapa narasunber. (Roni Natase)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.