Bawaslu Kota Solok Launching Buku Pengawasan Pemilu 2019

0

EkspresNews.com – Tahun 2019 merupakan tahun yang sangat strategis bagi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Karena pesta besar yakni untuk pemilihan DPR, DPD, Pemilu Presiden dab Wakil Presiden, serta pemilihan DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten,/Kota tahun 2019 telah berjalan sukses dan maksimal di Kota Solok.

Bawaslu sebagai penanggung jawab pelaksanaan penyelenggara pemilu, dituntut mempersiapkan seluruh jajaran dalam pengawasan seluruh aspek demi lancar jalanya pemilu.

Tugas, wewenang dan kewajiban bagi seluruh Bawaslu di semua tingkatan, memiliki kewajiban untuk menbuat laporan akhir yang komperhendsif, mencakup semua tahapan yang dilalui dalam pemilu.

Dan kesemua itu, bagi Bawaslu Kota Solok sendiri. Semua tahapan itu telah dilaksanakan dan dijalani dengan maksimal. Hal demikian disampaikan Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, S.Pd dalam laporanya saat acara Launching Buku perjalanan Bawaslu Kota Solok Dalam Pengawasan Pemilu 2019, di Aula Hotel Taufina Kota Solok, Selasa (24/12).

Acara dibuka langsung Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, S.Pd, dihadiri, Sekretaris Bawaslu Kota Solok Agustim Melta, Rafiqul Amin, S.Pd,I, Kordiv Hukum Penindakan Pekanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Solok, Dr. Budi Santosa, MP, Kordiv Pengawasan Masyarakat. Serta Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Sumbar Eli Yanti, SH. Kapolres Solok Kota, Dandim 0309 Solok, Walikota Solok, Usur partai politik, Ormas, Ninik Mamak, Bundo Kandung, Media Masa, dan unsur masyarakat lainya.

Triati menyampakan, untuk menyampaikan keterbukaan bagi kepentingan publik. Bawaslu Kota Solok dalam kiprahnya telah nemnyampaikan berbagai informasi kepada publik dengan terbuka dan maksimal. Hal itu adalah sebagai wadah pengawasan pemilu 2019. Kesemua utu kami tuangkan dalam sebuah buku catatan perjalanan Bawaslu Kota Solok dalam pengawasan pelajsanaan Pemilu 2019.

“Bawasku Kita Solok telah bekerja maksimal melakukan pencegahan dan penibmndakan terhadap berbagai aspek pelanggaran pemilu. Mencegah terjadinya poitik uang, monai politik. Dan sebagainya,”ujarnya.

Dikatakan Triati, maksud dan tujuan digelarnya acara ini adakah, selain sebagai pertanggunghawaban pelaksanaan tugas. Akan tetapi juga sebagai ganbaran umum pengawasan terhadap segala proses pemilu di Kota Solok yang berlangsung.

Semoga kata dia, acara ini akan dapat dijafmdikan sebagai catatan bagi masyarakat luas, terutama bagi partai politik. Ormas dan aspek terkait lainya. Dalam hal pelaksanaan pemilu di Kota Solok. Karena kita tahu Kota Sokok bakal memasuki babak baru pilkada, pemilihan WaliKota dan wakil walikimita yang berlangsung tahu 2020 mendatang,”urainya.

Melalui acara ini, kita menghimbau kepada seluruh para balon Walikota dan Wakil Walikota Solok. Dan juga kepada Tim Sukses, Partai Pendukung, relawan dan masyarakat. Jangan sampai terjadi pelanggaran dan tindakan yang akan merysak kandidat calon. “Karena setiap pelanggaran akan diberi sangsi tegas,. Kita mengharapkan pilkada di Kota Solok berjalan aman dan lancar”tekanya.

Acara diakhiri dengan penyerahan buku perjalanan Drap dan langkah kilas balik perjalanan Bawaslu Kota Sokok dalam pengawasan Pemilu 2019. Oleh Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, S.Pd, didampingi Sekretariat Bawaslu Kota Solok Agustim Mekta, Rafiqul Amin, S.Pd,I, Kordiv Hukum Penindakan Pekanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Solok, Dr. Budi Santosa, MP, Kordiv Pengawasan Masyarakat.

Serta Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawasku Provinsi Sumbar Eli Yanti, SH. Kepada Kapolres Solok Kota, Dandim 0309 Solok, Walikota Solok, Usur partai politik, Ormas, Ninik Mamak, Bundo Kandung, Media Masa, dan unsur masyarakat lainya. (Roni Natase)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.