Leonardy Harmainy Terpilih Jadi Ketua Badan Kehormatan DPD RI

0

EkspresNews.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Dapil Sumbar, Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa berhasil terpilih menjadi Ketua Badan Kehormatan (BK) DPD RI pada pemilihan yang dilaksanakan oleh Anggota DPD RI di Gedung Parlemen MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10). Sementara Gusti Kanjeng Rati Hemas, Fernando Sinaga dan Husain Alting Sjah sebagai wakil ketua.

Leonardy Harmainy

Leonardy Harmainy merupakan tokoh masyarakat Sumbar yang sekarang ada di pentas nasional, pernah menjabat Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumbar, Ketua Gapensi Sumbar, Ketua DPD I Partai Golkar dan Ketua DPRD Sumbar. Saat ini duduk kembali menjadi Anggota DPD RI periode 2019-2024, dimana sebelumnya, periode 2014-2019, Leonardy juga sudah duduk melalui Penggantian Antar Waktu (PAW) mantan Ketua DPD RI Irman Gusman yang tersangkut kasus hukum.

BK DPD RI yang dipimpin Leonardy merupakan Alat Kelengkapan Non Komite yang mempunyai peran penting dalam memperkuat DPD RI secara kelembagaan. Selain BK ada juga Alat Kelengkapan Non Komite DPD RI lainnya, yakni Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT), Badan Akuntabilitas Publik (BAP), Panitia Legislasi Urusan Daerah (PULD), Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) dan Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP).

Di samping Leonardy Harmainy, Anggota DPD RI yang berasal dari Dapil Sumbar lainnya Alirman Sori berhasil pula terpilih menjadi Ketua PPUU. Alirman pernah menjadi Anggota DPD RI periode 2009-2014, dan saat ini kembali duduk menjadi Anggota DPD RI periode 2019-2024, setelah sebelumnya vakum. (DPD/Abdi)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.