Kabid Kesmas : Sawahlunto Menuju Sertifikasi Bebas Kecacingan 2019

0

Ekspresnews.com – Mendukung kesehatan tumbuh kembang anak Sawahlunto, di bulan Agustus ada 2 program pemerintah yang wajib diterima anak. Yakni pemberian vitamin A, yang kedua pemberian obat cacing.

Kepada Ekspresnews.com Dr. Al Ansari Kabid Kesehatan Masyarakat P2P pada Dunas Kesehatan Sawahlunto mengatakan pemberian obat cacing albendazole dilakukan hanya untuk anak yang sudah diatas 1 tahun.

Seorang anak yang mempunyai cacing di dalam tubuhnya akan menghambat penyeraa nutris dalam tubuhnya sehingga nutrisi tidak sempurna diserap. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan dan pertumbuhan anak.

Untuk anak usia 12 bulan sampai 59 bulan obat cacing bisa diterima di puskesmas atau posyandu dengan pemberian yang dikombinasikan dengan vitamin A.
 
Untuk anak usia 6 sampai 12 tahun diberikan petugas Puskesmas disekolah.

Pemberian obat cacing ini hanya dilakukan apabila anak sehat, tidak demam ataupun sakit, anak sudah sarapan pagi dan hanya dilakukan oleh petugas puskesmas atau kader kesehatan yang sudah terlatih.

Al ansari mengajak orang tua untuk tidak khawatir dan mendukung pemberian obat cacing, karena tujuannya baik dan sangat berguna bagi anak.

Di Sawahlunto sendiri jumlah anak penderita cacingan terbilang kecil yakni hanya 0,02%. Dan saat ini Sawahlunto sedang dalam proses Sertifikasi Bebas Cacingan dari Kementrian Kesehatan. (Ab1)

Comments

comments

About author