FPI Gelar Takbir Keliling, Massa Bergerak dari Petamburan

0

EkspresNews.com – Front Pembela Islam (FPI) akan merayakan malam takbir Lebaran 1 Syawal 1440 Hijriah dengan berkeliling DKI Jakarta, Selasa (4/6) malam. Takbir keliling dimulai dari DPP FPI, Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat. 

Pantauan wartawan di lokasi sekitar pukul 20.30 WIB, mobil komando FPI telah disiapkan di depan Jalan Petamburan III. 

Kemudian sebuah panggung berdiri di pinggir Jalan KS Tubun, yang dekat dengan Jalan Petamburan III. Dari atas panggung para remaja melantunkan takbir sambil memainkan bedug. 

Sementara simpatisan FPI telah berkumpul di sepanjang Jalan KS Tubun. Para peserta takbir keliling FPI mengenakan pakaian muslim. 

Mereka didominasi menggunakan kendaraan roda dua. Beberapa dari mereka juga membawa bendera putih bertuliskan kalimat tauhid. Terlihat juga beberapa anak kecil yang diajak orang tuanya mengikuti takbir keliling FPI ini. 

Dari pengamatan, ada sekitar ratusan orang yang mengikuti gelaran takbir keliling FPI ini. Rombongan takbir keliling FPI pun mulai bergerak dari Jalan KS Tubun sekitar pukul 21.00 WIB. 

“Bagi jemaah yang ikut takbir keliling diharapkan tertib berlalu lintas,” kata anggota FPI dari mobil komando. Arus lalu lintas sedikit tesendat lantaran peserta takbir keliling FPI terlihat memenuhi Jalan KS Tubun yang mengarah ke Palmerah. 

Takbir keliling FPI akan dimulai dari Petamburan. Kemudian menuju ke Slipi, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jalan Dewi Sartika, Salemba, Senen, sampai Harmoni dan kembali ke Petamburan. Bukan kali ini saja FPI melaksanakan takbir keliling pada malam Lebaran. Pada tahun sebelumnya FPI juga melaksanakan takbir keliling. 

Sementara itu, Polsek Cipayung mengerahkan personil guna mengamankan pawai takbir di sejumlah tempat di Jakarta Timur. Kapolsek Cipayung Kompol Darmo mengatakan, terdapat 109 personil gabungan yang turut dikerahkan dalam pengamanan tersebut. 

“Tadi saat apel pengamanan malam takbir di Kecamatan Cipayung ada 109 personil gabungan,” kata Darmo, Selasa (4/6). 

Darmo menjelaskan, personil gabungan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas), dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempersilakan warganya untuk melakukan takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri. Anies meminta agar para warga bisa melaporkan titik takbiran kepada Lurah dan Dinas Perhubungan setempat. 

Setidaknya ada enam titik lokasi takbir keliling, yakni tiga titik di Jakarta Pusat dan tiga titik di Jakarta Selatan. 

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menjelaskan sejumlah titik yang telah dilaporkan masyarakat akan mendapat pengawalan dari Dishub. 

“Dinas Perhubungan memfasilitasi masyarakat yang akan melakukan takbir keliling di wilayahnya berupa pemanduan dan pengawalan petugas sehingga pelaksanaannya dapat tertib, aman dan berkeselamatan,” kata Sigit (ryn/eks)

Comments

comments

About author