Jembatan Kabel di Sumbar Sudah Beroperasi untuk Pemudik

0

EkspresNews.com – Jembatan kabel di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dioperasikan untuk mengantisipasi kendaraan pemudik membeludak. Pemerintah memutuskan membuka jembatan di Sungai Dareh itu untuk umum mulai 1 hingga 11 Juni 2019.

Balai Jalan Nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menyepakati pengoperasian sementara jembatan itu sekaligus untuk menguji kelaikan jembatan sebelum diresmikan dan dioperasikan sepenuhnya.

Menurut Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional I Sumatera Barat, Agung Setiawan, uji beban jembatan itu tetap penting sebelum tes uji beban secara menyeluruh yang dijadwalkan setelah Lebaran.

“Pra-test ini juga dilakukan untuk melihat kemampuan konstruksi jembatan dengan rencana open traffic jembatan ini selama masa jalur Lebaran, yakni H-5 dan H+5,” kata Agung melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 31 Mei 2019.

Dari tes pendahuluan uji beban itu, didapatkan hasil yang memenuhi syarat secara teknis. Maka dengan mengacu pada hasil tes itu, pada H-5 dan H+5 Lebaran, jembatan ini bisa open trafic dan dilalui, terutama kendaraan-kendaraan kecil atau kendaraan penumpang. Sementara untuk kendaraan bermuatan besar seperti truk belum dizinkan, boleh pun tentu ada batasan tertentu.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska bersyukur bahwa jembatan jembatan kabel itu segera rampung. Pemerintah Kabupaten lagi mempersiapkan menyambut para pemudik yang pulang kampung.

“Sabtu esok jembatan ini akan dibuka khusus untuk para pemudik yang melewati jalan lintas nasional, tepatnya yang berada di Kabupaten Dharmasraya. Semoga dengan dibukanya jembatan ini akan mampu mengurai kepadatan kendaraan,” katanya. (Red/Bdi)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.