Serka (K) Nurhabibah Kowad Pertama Menjadi Babinsa di Jajaran Korem 032/Wbr

0

EkspresNews.com – Setiap warga Negara Indonesia baik pria maupun wanita memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membela Negara Indonesia. Atas pemikiran itulah wanita kelahiran Pematang Siantar 30 tahun lalu itu mengambil keputusan bulat untuk mengabdikan dirinya kepada bangsa dan Negara melalui TNI.

Menurut Nurhabibah, dengan menjadi prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) merupakan salah satu wujud pengabdian kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia. Selepas lulus SMA pada Tahun 2005, dengan berbekal tekad yang kuat dan motivasi yang tinggi , dirinya mendaftarkan untuk bergabung dengan TNI Angkatan Darat di Kodam I/Bukit Barisan. Melalui seleksi Secaba Kowad yang sangat ketat, akhirnya Nurhabibah dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan Secaba Kowad di Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD Lembang Bandung tahun 2008.

Selama kurang lebih lima bulan ditempa menjalani pendidikan dasar Militer, ia dinyatakan lulus dengan menyandang pangkat Sersan Dua Kowad dan resmi bergabung dengan TNI Angkatan Darat menjadi anggota Korps Wanita Angkatan Darat dan tak berselang lama kembali melanjutkan pendidikan kejuruan Ajudan Jenderal (Ajen) selama kurang lebih lima bulan.

Awal penugasan selepas lulus pendidikan kejuruan Ajen, Sersan Kepala (K) Nurhabibah sesuai dengan ilmu pendidikan kecabangannya ditempatkan di satuan Ajen Kodam I/Bukit Barisan,

Disela kesibukannya sebagai Aggota TNI-AD, Bibah masih meluangkan waktunya untuk mengasah kecakapan diri dengan menimba ilmu Pendidikan Diploma tiga (D3) jurusan Komputer di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, dengan kerja keras pantang menyerah Bibah, membuahkan hasil gemilang. Ia dinyatakan lulus dari D3 Komputer Universitas Pancabudi Medan pada tahun 2013.

Kelulusan ini tak hanya dinikmati Bibah sendiri. Ada seorang pria lain yang kini menjadi pasangan hidupnya yang juga ikut bahagia. Dialah Brigadir Kepala Alam Putra Sembiring, yang kini berdinas di Sabhara Polres Pasaman. Kedua sejoli bahagia ini mengakhiri masa lajang pada 7 Desember 2012 silam.

Pada tahun 2014 lalu, Bibah yang telah dikarunia seorang putri nan cantik ini mendapatkan perintah untuk Pindah Satuan ke Kodim 0305/Pasaman Korem 032/Wirabraja (Sumatera Barat) ditugaskan menjabat sebagai Babinsa 01/Lubuk Sikaping.

Sejak saat itu sampai sekarang, Serka (K) Nurhabibah Lubis bisa dibilang satu-satunya Wanita yang menjabat sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Wilayah Korem 032/Wirabraja bahkan Kodam I/BB yang lazimnya disandang oleh kaum Pria.

Saat dikonfirmasi tentang pelaksanaan tugasnya sebagai Babinsa, ibu satu orang putri ini mengaku senang, “ karena bisa lebih menambah wawasan dan lebih dekat dengan masyarakat ” ujarnya.

Bibah juga menambahkan “meskipun begitu tentu juga ada dukanya saat bertugas harus dapat membagi waktu antara pekerjaan ibu rumah tangga dan sebagai ujung tombak Satuan teritorial dalam pembinaan Wilayahnya, tetapi dengan kekuatan dari Sang Maha pencipta saya bisa menjalani itu semua ”ucapnya

Habibah memiliki tanggungjawab wilayah binaanya di 3 Dusun Desa Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumbar, keterbatasan sebagai seorang wanita, tak membuat Bibah gampang patah semangat. Hal ini ditunjang motivasi dan arahan yang tiada putus dari Komandan Kodim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdianto, Danramil 01/Lubuk Sikaping, maupun dari rekan-rekan sesama Babinsa.

“Semua memberikan dukungan moril. Mulai dari Dandim, Danramil, dan teman-teman Babinsa, terutama support suami, sehingga saya bisa enjoy menjalani itu semua,” ungkap Bibah.

Di lapangan, kehadiran sosok Serka (K) Nur Habibah Lubis sangat diterima dengan tangan terbuka oleh warga di wilayah binaan, maupun oleh Bhabinkamtibmas sebagai mitra kerja, termasuk aparatur pemerintahan.

“Kunci saya agar pelaksanaan tugas di lapangan berjalan lancar, adalah membangun komunikasi yang baik dengan semua komponen bangsa, terutama warga di desa binaan, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan semakin kokoh,” pungkasnya mengakhiri. (Penrem)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.