Basarnas Mentawai Bakal Bangun 2 Unit Siaga SAR Di Dua Titik

0

WhatsApp Image 2019-03-01 at 09.50.53EkspresNews.com – Guna mewujudkan penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pencarian dan pertolongan merupakan fungsi yang harus diemban dalam rangka terciptanya pelayanan yang cepat, tepat, aman, terpadu, dan terkoordinasi.

Untuk kecepatan bertindak dalam pelaksanaan tindak awal dalam operasi pencarian dan pertolongan di Bumi Sikerei, Kepala Basarnas Kepulauan Mentawai Akmal, programkan pembangunan 2 unit siaga pencarian dan pertolongan. Dua unit siaga SAR sendiri akan dipusatkan di dua kecamatan yakni di Kecamatan Sikakap dan Kecamatan Siberut Selatan.

Hal itu diungkapkannya saat diminta keterangan usai pelaksanaan upacara Hut Basarnas ke-47 di Kantor Basarnas kemaren. “Iya memang betul, kami saat ini sedang programkan pembangunan dua unit siaga SAR di dua titik ” katanya.

Rencana program pembangunan 2 unit siaga SAR sendiri didasari karena sulitnya akses dan geografis Kepulauan Mentawai yang terpisah-pisah oleh pulau. Lebih lanjut jelasnya, unit siaga pencarian dan pertolongan merupakan satuan kerja non struktural dibidang pencarian dan pertolongan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Basarnas yang membawahinya.

Ia menambahkan, diusianya yang ke 2 Tahun sejak statusnya naik menjadi Kantor Basarnas yang sebelumnya berstatus Pos SAR, telah melaksanakan amanah dengan baik.  Terbukti hingga saat ini pihaknya telah melakukan 20 kali operasi dengan rincian, 15 kali operasi kecelakaan penyeberangan laut dan 5 kali operasi kejadian kondisi membahayakan manusia. “Alhamdulillah selama ini kami bersama unsur terkait telah melaksanakan amanah dengan baik,” pungkasnya. (N)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.