Ada Jurusan Kewirausahaan di Universitas Tamansiswa Padang

0

EkspresNews.com – Sebagai orang Minangkabau, pekerjaan yang paling dominan adalah wiraswasta atau berdagang. Pada dasarnya, hampir seluruh masyarakat Minang, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, mereka akan berusaha untuk berputar otak bagaimana cara menghasilkan fulus dengan cara berdagang. Entah itu kuliner atau barang dagangan lain.

WhatsApp Image 2019-01-09 at 10.30.43Menarik, Universitas Tamansiswa (Unitas) Padang diberi amanah oleh Kementerian Ristek Dikti melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) atau yang dulu dikenal dengan Kopertis Wilayah X menyerahkan Surat Keputusan Menteri sebagai ijin resmi menyelenggarakan pendidikan jurusan Kewirausahaan.

Hal ini didorong oleh latar belakang masyarakat yang cenderung berwirausaha dan bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat atau calon pekerja untuk tidak berpikir mencari kerja, melainkan dengan membuka lapangan kerja. Diharapkan dengan adanya Jurusan Kewirausahaan ini menjadi langkah maju dalam menciptakan wirausaha baru di Sumatera Barat.

Penyerahan SK Menteri Ristek Dikti oleh Prof Herri SE MBA selaku Ketua LLDIKTI Wilayah X kepada Rektor Unitas Padang Dr Ediwirman SP yang didamping oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unitas Sepris Yonaldi dan Ketua LPMI Unitas Padang Dr Sunadi, di Ruang Pertemuan LLDIKTI Padang, beberapa waktu lalu.

“Kami mengapresiasi kepada pihak Universitas Tamansiswa Padang yang telah disetujui ijin penyelenggaraan pendidikan jurusan Kewirausahaan di kampusnya, semoga ini menjadi tantangan baru bagi pihak penyelenggara dalam hal ini kampus Universitas Tamansiswa,” ujar Prof Herri.

Dikatakannya pihak kampus sudah boleh melakukan penerimaan mahasiswa baru jurusan Kewirausahaan dan melaksanakan proses belajar mengajar pada semester ini. “Sekiranya sudah boleh untuk melakukan penerimaan mahasiswa dan sudah diijinkan melaksanakan proses belajar mengajar, ijinnya kan sudah keluar,” tambah Guru Besar Fakultas Ekonomi tersebut.

Sementara itu, Rektor Unitas Padang Ediwirman menyampaikan apresiasi kepada tim yang telah memenuhi seluruh aspek persyaratan prodi baru sehingga ijin penyelenggaraannya sudah diterbitkan oleh Kementerian. “Saya mengapresiasi kerja tim yang telah berhasil, semoga jurusan ini bisa bertahan dan kita sebagai penyelenggara pendidikan dapat memberikan edukasi kewirausahaan kepada mahasiswa-mahasiswa yang akan belajar nantinya,” ungkap Rektor bangga yang juga menunggu 1 SK jurusan Manajemen Ritel yang juga telah disetujui.

Selain itu, Dekan Fakultas Ekonomi Unitas Padang Sepris Yonaldi mengatakan akan bergerak cepat untuk memenuhi target yang telah disusun bersama tim. “Kita harus gerak cepat, selain jurusan Kewirausahaan ini adalah permintaan dari Presiden Joko Widodo saat melihat potensi SDM yang ada, kami bersama tim akan segera mempersiapkan proses penerimaan mahasiswa baru,” kata Sepris.

Sementara itu, ketua tim penyusun Prodi Kewirausahaan Abdi Masa mengatakan visi Unitas Padang tahun 2040 sebagai Asean Entrepreneurial University yang Berkarakter Ketamansiswaan adalah wujud nyata hadirnya prodi ini. “Kita akan berupaya untuk mewujudkan visi ini, dengan cara apa? Tentu dengan adanya prodi Kewirausahaan menjadi langkah positif bagi kampus untuk mewujudkannya. Kita mohon dukungan dari semua pihak,” kata Abdi. (Red)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.