Tim UNESCO Akan Nilai Kota Arang

0

EkspresNews.com – Bagi Sawahlunto upaya untuk mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai warisan dunia bukan perjalanan yang mudah. Sudah bertahun-tahun proses dilalui untuk mempersiapkan dan mengajukan dokumen Kota Tua Sawahlunto sebagai warisan dunia. Dan dalam waktu dekat tim penilai dari lembaga dunia ini akan datang ke Kota tua untuk menyaksikan dan menilai langsung apakah Sawahlunto dan masyarakatnya siap untuk menyandang status Warisan Dunia.

Ditemui di Museum Gudang Ransum Risnawati Kasi Permuseuman Dinas Kebudayaan dan Peninggalan Sejarah Kota Sawahlunto mengungkapkan bahwa kedatangan tim UNESCO ini dijadwalkan sekitar tanggal 8 September 2018. Kunjungan tim dari organisasi pendidikan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO) tersebut, sebagai tahap penilaian dari proses penentuan Warisan Dunia.

“Secara intensif Pemko sudah terus melakukan pembenahan terhadap peninggalan sejarah dan berupaya membangun komitmen masyarakat untuk mendukung proses penilaian itu,” ucapnya. Diharapkan masyarakat aktif melakukan pembersihan lingkungan dan selalu menjaga kedamaian. Tim asesor dari UNESCO tidak hanya menilai dari kelestarian peninggalan bangunan sejarah, tetapi juga akan bertanya langsung kepada warga yang ditemui nanti di lapangan,” ujarnya.

Risnawati menyebutkan bahwa banyak keuntungan untuk Sawahlunto jika nanti berhasil mendapatkan pengakuan UNESCO. “Akan ada dukungan dana internasional untuk membangun Sawahlunto dan berpotensi mendongkrak kunjungan turis mancanegara,” paparnya. (Ab1)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.