73 Tahun Kemerdekaan, Kapolres Solsel Temu Ramah

0

EkspresNews.com – Sambut 73 Tahun Kemerdekaan RI dan Pemilu 2019, Kapolres Solok Selatan Gelar Temu Ramah Dengan 1000 Tokoh Bumi Sarantau Sasurambi. Guna mewujudkan trust building yang di programkan oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian sehingga tercipta kepercayaan masyarakat terhadap jajaran kepolisian, Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto menggelar acara temu Ramah dengan 1000 tokoh di bumi sarantau sasurambi, Sabtu (11/8) di jorong Pekonina Kecamatan Pauh Duo kabupaten Solok Selatan.

Imam mengungkapkan, Solok Selatan sebagai daerah penyelamatnya Republik Indonesia pada masa perjuangan yang lampau ini, yaitu sebagai pusat operasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang bukti fisiknya ada di daerah Bidar Alam, masyarakatnya berpegang teguh dengan slogan senasib sepenanggungan dan berprinsip selalu menjalin silaturahmi dan kebersamaan dengan pepatahnya “saciok bak ayam sadanciang bak basi, sakabek bak siriah, sarumpun bak Sarai”.

mengajak kepada kita bersama untuk dapat membantu agar tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat kita di Solok Selatan sesuai dengan koridor dalam penegakan hukum dan disesuaikan dengan kearifan lokal ataupun adat kita di daerah.

Diharapkan dengan kegiatan temu ramah tokoh ini kita dapat mengokohkan tali silaturahmi, tali persaudaraan kepada sesama kita sehingga tercipta suasana yang aman, damai dan tentram, terbebas dari hal-hal yang tidak kita inginkan baik narkoba, berita-berita Hoak, ujaran-ujaran kebencian dan informasi informasi yang menyesatkan sehingga menimbulkan perpecahan-perpecahan yang tidak kita inginkan.

Untuk ciptakan situasi yang kondusif ini kami membuka diri selebar-lebarnya kepada masyarakat kita jangan sampai keberadaan kami menjadi “momok yang menakutkan di tengah masyarakat, informasi kan kepada kami, tolong tegur kami dan tolong beritahu kami apabila ada hal yang tidak diinginkan. Juga bisa di informasikan lewat petugas Babinkantibmas kami yang telah menyebarkan stiker-stiker himbauan disertai nomor telponnya masing-masing di rumah-rumah masyarakat. Ucapnya.

Ir.Noviar Dt.Rajo Endah ketua LKAAM Solok Selatan atas nama Niniak mamak merasa sangat tersanjung atas undangan dan adanya kegiatan yang digagas Kapolres ini. Ini adalah kali pertamanya kita bertemu dan beramah tamah dengan seluruh tokoh dan Ninik mamak yang ada se kabupaten Solok Selatan. Ke depan kerjasama kita antara Niniak mamak dengan jajaran polres kita harapkan akan dapat semakin ditingkatkan, apalagi kita saat ini memasuki tahun politik yaitu tahun yang panas antara yang pro maupun yang kontra. Kita himbau untuk dapat menyikapi masa ini dengan Arif, jangan sampai merusak hubungan silaturahmi kita sehingga terjadi perpecahan.

Dr.Zaitul Ikhlas Sa’ad konsultaan Reformasi Birokrasi Polri (RBP) Polda Sumatera Barat mengungkapkan rasa bangga, hormat dan rasa haru kepada Kapolres Solok Selatan, dari 19 Kapolres yang ada di Sumatera Barat baru inilah yang punya gagasan beda, Baru 4 bulan bertugas di ranah Minang khususnya alam sarantau sasurambi atas kesungguhan dan tekadnya untuk mewujudkan kebersamaan saciok bak ayam sadanciang bak basi dan memahami suasana kita bersama di bumi sarantau sasurambi yang di saksikan langsung oleh daulat tuanku dan raja-raja di Solok Selatan ini. mengajak kita semua mari sokong program-program polri seperti yang digagas oleh Kapolres ini.

Bupati Solok Selatan H.Muzni Zakaria menyampaikan apresiasi yang tinggi atas gagasan Kapolres Solok Selatan dengan menggelar kegiatan temu ramah Tokoh-tokoh se-Solok Selatan ini. Sebelumnya Kapolres juga yang telah menggagas untuk mengadakan makan bajamba bersama dengan tokoh masyarakat di rumah gadang panjang nagari Abai sehabis lebaran lalu. Kegiatan ini adalah wadah yang akan menguatkan dan merekat jalinan persatuan sesama kita. Hal ini Jadi pemicu pula bagi kami Pemerintah daerah Kabupaten Solok Selatan sehingga akan kita programkan kegiatan temu tokoh ini paling tidaknya 6 bulan sekali, ucapnya.

Disaat yang sama bupati beserta Forkopimda dan tokoh masyarakat melakukan penandatanganan Deklarasi Damai masyarakat Solok Selatan bertekad untuk bersatu dalam menjaga situasi Kamtibmas dan pemilu 2019 yang damai dan bermartabat, dan juga mendukung atlit-atlit Indonesia untuk meraih prestasi terbaik di ajang Asean Games 2018. Dalam kegiatan ini turut hadir Forkopimda, Daulat Tuanku Rajo, datuk-datuk pemangku adat dan Wali Nagari se solok selatan, MUI beserta Bundo kanduang. (Zaki)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.