Peringati hari Bhakti Adhyaksa ke-58 dan HUT Adhyaksa Dharmakarini ke-18 Wakil Bupati Mentawai Ikut Donor Darah

0

EkspresNews.com – Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake mengajak masyarakat untuk lebih rajin melakukan donor darah, selain sebagai bagian dari misi sosial, dengan rajin mendonorkan darah ternyata sangat baik untuk kesehatan.

“Masyarakat harusnya lebih sering melakukan donor darah karena aman dan sangat baik untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan dengan mendonorkan darah kita juga bisa membantu semasa yang membutuhkan darah,” katanya.

Mentawai 231Hal ini disampaikannya saat pelaksanaan Donor Darah Besama PMI, dalam rangka hari Bhakti Adhyaksa ke-58 dan hari ulang tahun (HUT) Adhyaksa Dharmakarini ke-18 , di Aula Kejaksaan Negeri Kepulauan Mentawai, Kamis (19/7/2018).

Kortanius menuturkan, banyak manfaat kesehatan yang akan kita dapat dengan rajin melaksanakan donor darah seperti jantung menjadi sehat, menurunkan level iron (zat besi), menurunkan resiko kanker, pembaruan sel-sel darah, membakar kalori, dan mendapatkan pemeriksan kesehatan secara gratis karena sebelum mendonorkan darahnya.

Wabup juga menambahkan, dirinya rutin melakukan donor darah 3 sampai 4 kali dalam setahun. “Saya dalam setahun itu ada 3 sampai 4 kali dalam setahun melakukan donor darah. jangan ada anggapan setelah berdonor kita akan kekurangan darah. Ini pemikiran yang salah karena tubuh kita akan kembali memproduksi darah dengan sendirinya,” jelasnya.

Sementara Direktur RSUD Mentawai Marulam Simatupang mengatakan, sebagai daerah wisata dunia, pihaknya masih sulit mendapatkan darah golongan A+. Dan ia berharap kepada masyarakat yang memiliki darah golongan A+ untuk bersedia mendonorkan darahnya.

“Sebagai daerah wisata, kita sangat sulit mendapatkan darah golongan darah A+. Darah bule kan banyak golongan A+”. Kita berharap jika ada masyarakat  yang memiliki darah golongan A+ bersedia untuk donor,” tuturnya.

Sementara untuk stok darah di RSUD  tidak bisa distok banyak karena pasien yang membutuhkan darah masih terbatas, sementara  darah hanya bisa disimpan selama 28 hari.

“Kita tidak bisa stokkan dengan jumlah banyak, karena darah hanya bisa disimpan dalam kamar pendingin selama 28 hari saja, jika sudah melewati 28 hari maka stok darah tersebut harus dibuang, kan mubazir,” pungkasnya. (Nbl)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.