Muhammad Fauzan, Anak Nagari Piaman, “Siap Membangun Nagari”

0

EkspresNews.com – Sudah saatnya anak muda memasuki dunia politik untuk memberikan kontribusi kepada nagari. Tercatat sebagai Wakil Bendahara Umum Badan Perwakilan Daerah (BPD) Himpunan Pengusahan Muda Indonesia (Hipmi), Muhammad Fauzan fokus akan mewujudkan pembangunan nagari melalui jalur legislatif.

Muhammad Fauzan, pria muda kelahiran 18 Januari 1995 merupakan anak nagari Piaman yang bertekad membangun Sumatera Barat melalui jalur legislatif. Mahasiswa tahun akhir di Universitas Eka Sakti ini juga tengah menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum.

Fauzan Oke“Sewaktu saya merantau di luar Sumbar, saya banyak belajar tentang kehidupan. Terlebih saya yang sudah lama menyukai politik, juga belajar politik. Saya rasa sudah saatnya anak muda terjun aktif dalam dunia politik. Salah satunya dengan menjadi wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar,” ujar Muhammad Fauzan, Kamis (28/6/2018) di kantor redaksi Tabloid Indonesia Raya di Padang.

Dikatakan Fauzan bahwa dirinya terinspirasi dengan senior-seniornya. Seperti Erick Haryona yang saat ini menjabat sebagai ketua Pemuda Pancasila (PP), Iqra Cissa sebagai ketua umum BPD Hipmi Sumbar dan terlebih Zigo Rolanda yang pada usia 21 tahun bisa menjadi anggota legislatif dari daerah Solok Selatan. “Kalau orang saja bisa, mengapa kita tidak. Ini selalu menjadi motivasi saya untuk maju dan terus berkarya,” katanya.

Fauzan yang saat ini juga tengah mengelola usaha Tour and Travel “Lost In Paradise” menyampaikan bahwa semua kegiatan yang dilaksanakannya selalu dikordinasikan bersama keluarga. Menurutnya, keluarga merupakan tempat diskusi utama dalam mengambil keputusan. “Sejauh ini selalu diskusi dengan keluarga untuk skala kecil, jadi pengambilan keputusan secara bersama. Alhamdulillah kedua orang tua selalu support dengan niat baik saya, termasuk untuk maju sebagai bakal calon anggota legislatif ini,” ungkap Fauzan.

Apalagi, kata putra kedua dari empat bersaudara ini selalu memegang petuah dari sang ayah. Dirinya selalu diajarkan untuk mengingat bahwa apapun yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai nantinya. “Jadi setiap langkah yang akan kita jalankan, punya konsekuensi nantinya. Baik itu positif atau negatif hasilnya, itu tergantung yang kita jalankan,” tambahnya yang saat ini juga tengah merintis perusahaan dibidang kontraktor.

Bahkan, lebih lanjut Fauzan menyebutkan jika nanti dirinya diberikan amanah oleh masyarakat Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman untuk menjadi wakil di DPRD Sumbar, tentu dirinya akan menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. “Kita wajib dan perlu mendengarkan langsung dari masyarakat. Karena masyarakat adalah pemegang kekuasaan tertinggi, karena saya hanya wakil saja di DPRD nantinya,” terangnya.

Saat ditanya tentang program kedepan, Fauzan menceritakan dirinya sudah merancang program 1000 Surau. “Pariaman ini identik dengan pendidikan di Surau, sayapun dulu didik di Surau. Semua kegiatan positif ada disana, tapi, saat ini banyak Surau yang tidak layak lagi sehingga pemuda-pemudi malas datang ke Surau,” ungkap putra kedua Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Mentawai, Ir Elfi MM itu.

Sehingga, terang Fauzan, dengan adanya program 1000 Surau ini diharapkan pendidikan yang lama itu bisa kembali digalakkan dan pemuda-pemudi bisa kembali memanfaatkan Surau untuk kegiatan-kegiatan positif. “Ini salah satu yang dilupakan oleh pemuda-pemudi saat ini,” kata Fauzan.

Saat ini, dirinya tercatat sebagai bakal calon legislative Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar daerah pemilihan (Dapil) 2 Kabupaten Padang Pariaman dan Pariaman. “Alhamdulillah untuk partai, saya saat ini bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dibawah komando Ketua DPW PPP Sumbar, H Hariadi, yang selalu membimbing terkait dunia perpolitikan,” katanya. (Abdi)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.