Letkol. Arh. Priyo Iswahyudi : TNI dan Masyarakat Bersinergi Bangun Nagari

0

P_20180404_103055EkspresNews.com – Dandim 0309 Solok Letkol. Arh. Priyo Iswahyudi menyatakan, dalam membangun Nagari sangat diperlukan Sinerjisasi yang padu antara segala lini. Dan peran TNI juga menjadi bagian dalam menggalang pembangunan yakni dengan melalui manunggal.

Didampingi oleh Danrem 032 Wira Braja, Brigjen TNI, Mirza Agus,Sip, serta Dandim 0309 Solok, Letkol Arh Priyo Iswahyudi, Bupati Solok H.Gusmal, ST.MM Datuak Rajo Lelo, membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke 101 tahun 2018, dinagari Sulit Air, kecamatan X Koto Di Atas, kabupaten Solok, Rabu 4 April 2018.

Priyo memaparkan, dalam TMMD/N kali ini melibatkan sebanyak 150 orang personil yang terdiri dari 122 orang dari TNI, 10 orang Polri, serta sebanyak 18 orang tim asistensi atau penyuluh.

“Sementara itu cakupan pekerjaan yang akan dilaksanakan meliputi sasaran fisik, diantaranya pekerjaan pengerasan atau pengecoran jalan Taram Gando sepanjang 700 meter, pembuatan saluran irigasi di banda Kaciak sepanjan 140 meter, di Gantiang Putuih sepanjang 86 meter, Bandar Taruko 200 meter, serta pekerjaan rehabilitasi  3 unit rumah tidak layak huni,” paparnya.

Dandim Solok  mengatakan, TMMD/N merupakan Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu yang melibatkan pemerintah daerah setempat beserta komponen masyarakatnya yang ada, dan dikatakannya program tersebut merupakan salah satu upaya TNI dalam mendukung program pemerintah bidang percepatan pembangunan daerah.

“Terpilihnya salah satu Nagari di kabupaten Solok sebagai tempat dilaksanakannya TMMD/N, merupakan sebuah penghargaan, dan jelas Bhakti Sosial ini akan didukung oleh selurah lapisan masyarakat yang ada,” ungkap Priyo Iswahyudi.

Dandim 0309 Solok menerangkan,  selain akan melaksanakan pekerjaan fisik yang meliputi pekerjaan jalan, irigasi, dan rehab rumah tidak layak huni, juga akan dilaksanakan pekerjaan non fisik, seperti halnya memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan, pengembangan tanaman jagung, lahan pangan pertanian, pemberian vaksinasi rabies, eliminasi anjing liar, pemeriksaan status reproduksi, pelayanan kesehatan khusu bagi masyarakat, serta kegiatan lainnya yng berkaitan dengan kebutuhan dan kepentingan kesehatan masyarakat daerah setempat.

Sementara itu Danrem 032/Wrb Brigjen TNI Mirza Agus Sip menerangkan, terkait masalah lokasi atau tempat dilaksanakannya TMMD/N adalah berdasarkan survey lapangan untuk mengcek lokasi yang dilakukannya bersama pemerintah daerah setempat, serta Kodim 0309 Solok, dan  hasil turun kelapangan itu atau survey lapangan tersebut akan dilaporkan ke Mabes TNI.

Lebih jauh dia memaparkan, TMMD/N yang akan dilaksanakan oleh anggotanya itu adalah selama satu bulan yang dimulai dari 4 April 2018 sampai 3 Mei 2018 nanti, dan selama itu pula  tim yang ada akan bergabung dan menyatu bersama masyarakat daerah setempat, paparnya mengakhiri.

Dari liputan media ini, kedatangan rombongan Jendral tersebut dinanti dengan tari pasambahan oleh masyarakat daerah setempat seraya memberikan setampuk siriah sebagai tanda sebuah penghormatan. Dan dalam upacara pembukaan kegiatan itu diikuti oleh 1 SST Kodim 0309 Solok, 1 SST Yonif 133/Ys, 1 SST Polres Solok, Pol PP, serta 1 Kompi Siswa yang terdiri dari tiga tingkatan sekolah yang berbeda. (Roni Natase)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.