Dandim 0309/Solok Letkol Arh Priyo Iswahyudi : Hadapi Pemilu, Netralitas TNI Harga Mati

0

EkspresNews.com – Mengingat tahun 2019 mendatang pesta demokrasi di negeri ini akan dihelat, berbagai persiapan terus dilakukan oleh semua pihak, begitu juga dengan Institusi TNI sebagai abdi negara seluruh prajurit TNI dilarang terlibat politik praktis.

Demikian disampaikan Dandim 0309/solok Letkol Arh Priyo Iswahyudi, saat memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit Kodim 0309/Solok terkait dengan Netralitas TNI dalam pemimu,  di Aula Makodim 0309/Solok. Rabu, (28/2).

Selain Dandim kegiatan sosialisasi Netralitas TNI tersebut juga dihadiri Kasdim, seluruh Danramil dan Staf Kodim, Ketua KPU Solok dan Ketua Bawaslu Solok.

Dalam arahannya, Priyo Iswahyudi, menyampaikan. Netralitas dalam pemilu/pilkada bagi TNI adalah harga mati yang  tidak bisa ditawar tawar lagi. Dan ini harus di tatati oleh seluruh prajurit TNI karena sesuai dengan amanat undang undang bahwasanya anggota TNI dilarang terlibat politik praktis.

Pada dasarnya, Pemilu/Pemilukada mempunyai  nilai  yang sangat strategis bagi perjalanan dan keberlangsungan pembangunan daerah dan bangsa Indonesia ke depan, hal ini tentu sejalan dengan UU No 34 tahun 2004 tentang TNI, pada pasal 2 ditegaskan bahwa Tentara Profesional ialah Tentara yang tidak berpolitik praktis.

Tidak berpolitik praktis dimaknai dengan konsistensi netralitas TNI yang merupakan bagian dari komitmen TNI dalam rangka ikut serta mensukseskan Pemilu/Pemilukada, dimana TNI lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi, kepentingan kelompok dan atau kepentingan golongan, ujarnya.

Terkait dengan netralitas ini Dandim lebih lanjut menyampaikan walaupun di tiga wilayah teritorial tanggung jawab Kodim 0309/Solok pada 2018 tidak melaksanakan pilkada namun dihadapkan dengan semua tahapan pemilu 2019. Kita telah menjalin kerja sama dengan KPU dan Bawaslu untuk memberikan penjelasan tentang tahapan pemilu kepada seluruh Prajurit, sehingga seluruh Prajurit Kodim 0309/Solok jelas dan paham sekaligus bisa memantau dilapangan. Selain itu Dandim juga berupaya dengan membekali seluruh Prajurit dengan buku saku tentang netralitas TNI.

Lebih lanjut dikatakan dia, terkait dengan kemungkinan adanya Prajurit Kodim 0309/Solok yang ingin mencalonkan diri sebagai Kepala/wakil kepala daerah dan atau ingin mencalonkan diri sebagai anggota legislatif harus mengikuti aturan yang berlaku  tentang ketentuan anggota TNI yang ikut  mencalokan sebagai Kepala Daerah, sesuai atuaran undang-undang PKPU Pasal 7 Ayat 2 secara tegas diatur, bahwa anggota TNI, harus menyatakan secara tertulis untuk mengundurkaan diri sebagai Tentara Nasional Indonesia. (Edrin)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.