16 Tim PB Ikuti Latihan Jungle Rescue

0

EkspresNews.com – Arbeiter Samariter Bund (ASB) bekerja sama dengan Basarnas Padang gelar pelatihan dan pembekalan tentang Jungle Rescue. 

Pelatihan itu sendiri dilakukan kepada 16 Tim PB di 3 Desa di Kecamatan Sipora Utara yakni di Desa Tuapejat berjumlah 9 Tim PB , Desa Sipora Jaya 3 Tim PB dan di Desa Goiso’ Oinan 4 Tim PB.

Hal itu dikatakan Fasilitator ASB Rizal saat dimintai keterangan pada pelatihan di Desa Tuapejat Senin, (15/1/2018).
Rizal menambahkan, pelatihan jungle rescue yang diberikan kepada Tim PB dilakukan di tiap-tiap Dusun secara terjadwal. “Latihan kita lakukan terjadwal di tiap Dusun” katanya.

Sementara Februs Hanggara dari Basarnas Padang yang bertindak sebagai instruktur pelatihan menuturkan, para peserta mendapat pembekalan materi selama satu hari setiap Dusun.

Selanjutnya, peserta akan mempraktikkan seluruh materi yang didapat ke lapangan. “Para peserta mendapat pelatihan tentang Jungle Rescue merupakan keterampilan mengatasi kedaruratan di hutan atau gunung” jelasnya.

Lebih lanjut Februs menuturkan, Basarnas sebagai institusi pemerintah yang bertanggungjawab untuk penyelenggaraan SAR di Indonesia juga mempunyai kewajiban memberikan pelatihan dan kompetensi kepada relawan yang memiliki potensi SAR dalam melakukan operasinya.

Dia mengharapkan Tim PB harus mampu menjadi pionir dan mempunyai kepedulian secara sukarela membantu ketika terjadi kebencanaan. “Pelatihan ini sebagai upaya mentransformasikan kemampuan yang dimiliki Basarnas kepada peserta dalam hal kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam hal penanganan kedaruratan seperti bencana” pungkasnya. (N)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.