Pemko Solok Raih Penghargaan Swasti Saba Widerda 2017

0

EkspresNews.com – Dinilai sebagai salah satu daerah yang sukses dalam mewujudkan kota sehat akhirnya Kota Solok dianugerahi penghargaan swasti saba Wiwerda tahun 2017 oleh Dirjen Kesmas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tropi dan piagam penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Walikota Solok, Reinier, ST, MM, di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Selasa (28/11).

Penerimaan penghargaan swasti saba wiwerda tersebut diberikan kepada 122 Kabupaten/Kota dan 3 Provinsi sebagai tim Pembina Kabupaten Kota Sehat Terbaik. Yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta.




Menteri Kesehatan RI dalam arahannya mengatakan, penyerahan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap pelaksanaan program Kabupaten Kota Sehat. Semua itu karena masyarakat telah berperan secara aktif baik sebagai subjek maupun obyek pembangunan kesehatan, serta berkiprah sebagai agen perubahan.

Diharapkanya, penguatan koordinasi dapat terus ditingkatkan, disertai dengan pemberdayaan masyarakat serta kesehatan, kalau masalah investasi kita di masa yang akan datang adalah kewajiban kita bersama menjadikan negara yang lebih berkualitas sebagai modal pembangunan.

“Penghargaan ini bukan merupakan tujuan utama. Poin penting dari KKS adalah koordinasi lintas sektor pemerintahan, pemangku kepentingan dan masyarakat, yang dilakukan secara berkesinambungan dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan,” kata menteri.

Penyerahan Swasti Saba diadakan setiap dua tahun sekali dan merupakan kerjasama antara Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan melalui Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat.

Sementara itu, wakil walikota Solok, Reiner, ST, MM, mengatakan, ya, pada tahun 2017 ini kita berhasil meraih predikat Kota Sehat, ini semua adalah buah dari kerja keras kita antara pemerintah, DPRD dan masyarakat. Yang selama ini telah bahu membahu  memberikan yang terbaik untuk Kota Solok. (Edrin)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.