Wagub Nasrul Abit Jadi Inspektur Upacara HKN 2017 di Imam Bonjol

0

EkspresNews.com – Wakil Gubernur Sumatera Barat pimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Tahun 2017 dengan tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku” yang digelar di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Padang, Senin (12/11).

Dalam amanatnya sebagai Inspektur Upacara, membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Wagub Nasrul Abit menyebutkan, tema Peringatan HKN kali ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat (PIS) yang menempatkan keluarga sebagai bagian penting dalam membentuk masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.


Keluarga, sambung Wagub, sesuai UU No 36/2009, merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan. “Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku, dan gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu, membudayakan hidup bersih dan sehat harus dimulai dari keluarga,” paparnya.

Nasrul Abit menambahkan, dalam rangka menyukseskan PIS dengan pendekatan Keluarga ini, Kemenkes telah mengeluarkan Permenkes 39/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Permenkes 43/2016 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan yang di dalamnya tertuang 12 Indikator Keluarga Sehat (IKS) yang harus dilakukan Kabupaten/Kota yang pencapaiannya harus 100%.

Nasrul lebih lanjut memaparkan, sebagian besar indikator SPM Bidang Kesehatan beririsan dengan 12 IKS. Terdapat 8 IKS terkait dengan SPM dan hanya 4 IKS yang tidak, yakni: merokok, jamban sehat, akses terhadap air bersih, dan keanggotaan pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Oleh karena itu, jika pendekatan keluarga ini dilaksanakan dengan baik, maka dapat dipastikan akan meningkatkan capaian SPM Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota,” terangnya.

Dalam amanatnya, Menkes juga mengurai tentang pentingnya melibatkan berbagai elemen masyarakat lintas sektor dalam rangka pembangunan kesehatan yang diwadahi oleh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dibacakan oleh Nasrul Abit, “Dengan mendorong PIS menggunakan pendekatan keluarga dan GERMAS, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.”

Di ujung amanat Menkes yang dibacakan Wagub, dipaparkan pula sejumlah permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia yakni, tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, serta penyakit menular dan tidak menular. Disebutkan, permasalahan-permasalahan ini harus segera diselesaikan.


“Perlu saya ingatkan kepada Kepala Dinas dan terutama Kepala Puskesmas, agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki guna menyelesaikan permasalahan ini,” tegas Nasrul Abit.

Rangkaian Upacara Peringatan HKN ke-53 Tahun 2017 Prov. Sumbar ini kemudian ditutup dengan penyerahan penghargaan dan hadiah bagi pemenang sejumlah lomba yang diselenggarakan dalam rangka peringatan HKN.

Pemenang Lomba yang diselenggarakan dalam rangka HKN (Hadiah diserahkan langsung oleh Wagub):

A. Puskesmas berprestasi dan tenaga medis tingkat Prov. Sumbar
-Kategori Desa: Puskesmas Talawi (1), Puskesmas Gasan Gadang (2)
-Kategori Kota: Puskesmas Padang Pasir (1), Padang Karambia Payakumbuh (2)
-Kategori Daerah Terpencil: Puskesmas Bonjol Laweh (1)

B. Tenaga Kesehatan
-Tenaga Medis: dari Puskesmas Sei Geringging (1), dari Puskesmas Talawi (2), dari Puskesmas Lubuk Buaya (3)
-Tenaga Keperawatan: dari Puskesmas Gasan Gadang (1), dari Puskesmas Bonjol Laweh (2)
-Tenaga Kesehatan Masyarakat: dari Puskesmas Bawan Agam (1), dari Puskesmas Juagai Kab Solok (2), dari Puskesmas Lubuk Buaya (3)
-Tenaga gizi: dari Puskesmas Rasimah Ahmad Bukittinggi (1), dari Puskesmas Air Santok kota Pariaman (2), dari Puskesmas Talawi Sawahlunto (3)

C. Pemenang lomba RS sayang ibu dan bayi:
RSUD Padang Panjang (1), RSUD Pariaman (2), RSUD dr. M. Zein (3)

D. Posyandu berprestasi:
Tingkat Kabupaten: Posyandu Beringin Sakti Sijunjung (1)
Tingkat Kota: Posyandu Simaun Indah Sawahlunto. (Relis)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.