Mentawai Berkomitmen Lepas Dari Belenggu Ketertinggalan

0

EkspresNews.com – Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet  terus mantapkan 10 program kerja untuk melepaskan belenggu ketertinggalan Bumi Sikerei 5 tahun ke depan. Ke sepuluh program kerja yang disebut 10 Agenda Dasa Cita itu diantaranya adalah penataan menyeluruh pembangunan bidang pendidikan atau yang disebut dengan program Mentawai Cerdas, kemudian program Mentawai Sehat yaitu mengoptimalkan pembangunan dibidang kesehatan, dan Mentawai Mantap atau program kerja dibidang pembangunan infrastruktur yang merata.

IMG-20171006-WA0005 - Copy“Pembangunan jalan trans Mentawai  sepanjang 297 kilo meter, dan untuk tahun 2017 sampai tahun 2022 nanti kita targetkan akan dibangun 200 kilometer beserta pembangunan pelabuhan penyebrangan dan pembangunan pelabuhan laut,” ujar Yudas Sabaggalet pada pidatonya pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Mentawai, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 18 Tahun  di halaman kantor Bupati Mentawai, Rabu (4/10/2017).

Sebagai daerah wisata, melalui program Mentawai Emas, yang dipadukan dengan program Mentawai Beradab dibidang pembangunan kebudayaan, kami berupaya mendorong investor untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Peipei Siberut Barat Daya, sehingga pengembangan pariwisata Mentawai menjadi Pariwisata Kelas Dunia.

Program-program untuk pengentasan ketertinggalan lainnya, menurut Yudas berupa program Mentawai Kerja, yaitu pembangunan dibidang industri, usaha kecil menengah, pembangunan industri pengolahan hasil hasil pertanian dan perikanan, serta membangun kelembagaan BUMD dan BUMDes maupun Koperasi untuk  membentuk jiwa kewirausahaan bagi pemuda.




Dibidang  kelistrikan, menurut Yudas, pihaknya telah menjalankan pembangunan energi baru terbarukan, dengan cara membangun biomassa berbahan bambu. Dibidang layanan birokrasi pemerintah Mentawai telah melakukan penataan birokrasi Pemerintahan dan kerangka kelembagaan. “Melalui program Mentawai Prima, kami berkomitmen menjalankan reformasi birokrasi dan pelayanan publik, sehingga pelayanan publik akan menajdi efektif dan efesien,” ujarnya.

Yudas dan wakilnya Kortanius Sabeleake berkomitmen memacu pembangunan hingga pada akhir jabatannya pada tahun 2022 mendatang. Puncak perayaan hari jadi Mentawai ke 18 yang digelar dengan didahului rapat paripurna istimewa DPRD Mentawai dimulai pada pukul 11.00 Wib, dan berakhir pukul 15.00 Wib.

Hadir pada acara tersebut antara lain  Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Anggota DPR RI Alex Indra Lukman, Ketua, wakil ketua dan para anggota DPRD Mentawai, Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake, Bupati Dharmasraya Sutan Riska, unsur pimpinan Forkopimda Mentawai, Sekda Mentawai Syaiful Djannah, para Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Mentawai. (Nobel)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.