Wabup: Mencari Aggau Bukan Ajang Mencari Jodoh

0




EkspresNews.com – Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake membuka secara resmi festival muaggau di pantai Mapaddegat Selasa (5/9/2017). Dalam sambutannya Kortanius membantah pandangan negatif dari orang luar Mentawai. Mencari aggau tersebut sering dipahami sebagai ajang mencari jodoh. “Pemahaman orang dari luar itu sangat salah dan keliru” katanya.

Kortanius menjelaskan bahwa muaggau sebenarnya bukan ajang mencari jodoh tetapi sebagai ajang mempererat rasa kekeluargaan dan memupuk kebersamaan. Muaggau yang merupakan kebiasaan orang Mentawai mencari tambahan pelengkap menu makanan saat badai, terjadi satu tahun sekali.21390614_934048750067331_1771802157_o

Kegiatan mencari kepiting endemik dilakukan di sekitar pantai saat bulan purnama secara berkelompok.
Wakil Bupati juga berharap masyarakat mampu menjaga kelestarian aggau dan hanya mengambil kebutuhan secukupnya. Karena Iven muaggau akan digelar setiap tahun. “Kita harapkan masyarakat juga harus menjaga kelestariannya agar aggaunya tidak punah dan diambil secukupnya saja,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Mentawai Desti Seminora mengatakan, festival muaggau yang juga merupakan rangkaian acara Festival Pesona Mentawai mulai di gelar dari tanggal 05–07 September 2017. Lebih lanjut Desti menjelaskan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini yakni dalam rangka melestarikan budaya dan tradisi masyarakat yang hampir punah karena digerus oleh zaman.




Selain itu juga bertujuan mempererat hubungan silaturahmi antar masyarakat di Mentawai yang heterogen, menangkal citra negatif terhadap aktivitas muaggau sekaligus memperkenalkan atraksi dan daya tarik wisata di Kepulauan Mentawai, sehingga dengan demikian diharapkan semakin banyak orang mengunjungi Bumi Sikerei.
Ia berharap momentum festival muaggau ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana mengenalkan potensi sumber daya pariwisata yang dimilikinya sekaligus mengenalkan kuliner khas masyarakat Mentawai “Subbet” kepada masyarakat luas dan dapat memberikan dampak bagi masyarakat lokal, terutama dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat serta terbukanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Setelah membuka acara festival muaggau, Wakil Bupati Kepulauan Mentawai melepas 25 kelompok peserta lomba berburu Aggau yang di mulai pada pukul 19.00-00.00 wib. (Nobel)

Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.